Review Scarlett Serum – Brightly Ever After Serum dan Acne Serum

by - Wednesday, August 26, 2020

Heyyoo gengs! Apa kabar niih? Kayaknya udah lama ya aku gak post review di blog aku, udah sebulan looh XD

Hari ini aku mau review skincare lokal yang lagi hits banget di pertengahan 2020 ini, yaitu Scarlett Serum. Kaian tentunya udah tau tentang Scarlett kan? Aku pernah review tentang bodycare nya Scarlett di artikel yang ini (klik!). Nah, sekarang Scarlett punya produk face care berupa serum. Serumnya sendiri ada dua jenis yaitu Acne Serum dan Brightening Serum.

By the way, buat yang belum tahu, kulitku termasuk sensitive dan combination skin , jadi ada beberapa kandungan yang kadang gak cocok sama aku seperti fragrance dan alcohol. Nah, untuk Acne Serum dari Scarlett ini sudah aku pakai sekitar 3 minggu. di beberapa area kulit wajahku, sementara untuk Brightening Serum nya, aku sudah pakai selama 4 Minggu. 

Penasaran gak sama perbedaan keduanya dan kira-kira cocok nggak ya di kulit aku?  Yuk, langsung aja kita masuk ke reviewnya ^^

Brightly Ever After Serum (Brightening Serum)

Produk ini datang dengan kemasan box / dus dengan desain yang simple tapi tetap terlihat mewah yang berwarna putih, dengan detail berwarna  pink pastel yang menjadi ciri dari serum ini. Pada kemasan dus ini, tertera keterangan dasar seperti kandungan atau ingredients, cara pemakaian, klaim, nomor BPOM dan lain-lain. Nomor BPOM nya sendiri adalah NA18201900972.

Yang aku suka dari kemasan serum Scarlett adalah mereka punya barcode untuk scan nomor BPOM yang bisa langsung kita cek di websitenya. Jadi, gak perlu ketik nomor BPOM nya secara manual. Selain itu ada juga stiker hologram sebagai tanda keaslian produk. Canggih dan kekinian banget yaa..

Sementara itu, kemasan produknya sendiri berbentuk botol dengan tutup warna putih, di mana tutupnya ini adalah pipet / dropper untuk mengambil produk. Kemasannya sendiri terbuat dari kaca yang cukup tebal sehingga terasa kokoh saat dipegang. Netto nya 15 ml, cukup kecil untuk ukuran sebuah serum, namun mungkin ini strategi agar harganya bisa rendah dan menjaga kehigienisan produk (agar serumnya cepat habis).

Pada kemasan botol ini kalian bisa lihat ada stiker berwarna putih – pink yang senada dengan dus nya yang menempel pada badan botol. Stiker ini bertuliskan beberapa keterangan dasar, termasuk zat aktif pada ingredients-nya. Untuk brightening serum ini, terdapat Phyto Whitening, Glutathione dan Vitamin C sebagai kandungan yang diunggulkan. ( Walau bukan ingredient selengkapnya yang tertulis di botolnya ini. )

So far, dari segi kemasan aku suka banget karena kemasannya terasa mewah seperti produk-produk mahal, dan kemasan luar maupun botolnya pun cukup informatif.

Kalau untuk teksturnya, serum ini mirip dengan serum pada umumnya. Cukup kental tapi mudah diratakan dan mudah menyerap, serta tidak terasa lengket setelahnya. Serum ini tidak berwarna (transparan) walau sedikit keruh. Untuk brightening serum nya, aku merasa wangi nya agak aneh, seperti wangi obat herbal gitu. Tapi aku prefer wanginya seperti ini, karena tidak ditambah dengan fragrance , jadi wanginya murni dari kandungannya, dan lebih aman juga untuk kulit sensitive seperti kulitku.

Sementara itu, untuk kandungan / ingredients nya, awalnya cukup mengejutkan untuk aku. Produk ini mengandung Vitamin C sekaligus Niacinamide / Nicotinamide, di mana biasanya aku gak cocok mencampurkan kedua bahan ini (pada produk berbeda). TAPI ANEHNYAAA aku cocok loh dengan produk ini! SENENG BANGET karena kandungannya bekerja dengan baik untuk menyamarkan bekas jerawatku.

Selain itu, serum ini juga mengandung Gluthatione sebagai antioksidan, serta Malic Acid yang merupakan keluarga AHA, sehingga bisa membantu mengeksfoliasi kulit, menyamarkan bekas jerawat, mencegah jerawat, serta menghidrasi kulit.

Ingredients : Aqua Niacinamide, 1,3 Butylene Glycol, Lavandula Angustifolia (Lavender) , water, Ascorbyl Glucoside, Arisaema Amurense Extract, 2-phenoxyethanol, Hydroxyethylcellulose, GLUTATHIONE, Aminomethyl Propanol, Ethyl Macadamiate, Decyl Glucoside, Pentane- 12- diol Di Na EDTA, Ethylhexylglycerin, Tamarindus indica Seed Gum, Biosaccharide Gum - 1, 1,2-Hexanediol, 2 - Amini - 1 -  Butanol, Tocopherol, Malic Acid, C.I 16255.

Meskipun pada kemasannya disebutkan bahwa produk ini bisa dipakai pagi maupun malam hari, namun aku pribadi lebih menyarankan untuk memakainya di malam hari saja mengingat produk ini mengandung beberapa active ingredients yang mungkin akan membuat kulit kita lebih sensitif terhadap matahari, apalagi produk ini mengandung AHA walau dalam persentase yang kecil. Jika kalian memakainya di pagi hari pastikan kalian memakai sunscreen minimal SPF 30 PA++ setelahnya. 

Kalian bisa lihat dari foto di atas, bahwa serum ini bekerja dengan baik pada kulitku. Aku merasa serum ini sangat bagus untuk membantu menyamarkan bekas jerawat, baik PIH (bekas jerawat yang gelap) maupun PIE (bekas jerawat yang kemerahan). Aku memakai serum ini setiap hari namun hanya di malam hari (1 kali sehari) selama 4 minggu.

Acne Serum

Kemasan produk ini sangat serupa dengan kemasan brightening serum nya. Bedanya hanya warnanya, untuk acne serum ini warnanya putih – ungu pastel gitu. Pada kemasan dus nya pun tertera keterangan dasar yang lengkap.

Untuk Acne Serum, nomor BPOM nya adalah NA18200104454 , dengan netto yang sama dengan brightening serum nya yaitu 15ml.

Bagian stiker pada botolnya berwarna ungu pastel, sekilas terlihat sangat mirip dengan desain body lotion nya yaa XD Keterangan active ingredients dan juga cara pemakaian pun tertera pada botolnya. Bagian tutupnya berupa pipet seperti brightening serum nya.

Dari bagian depan kemasan, kita bisa tahu bahwa ada 3 kandungan unggulan pada serum ini, yaitu Tea Tree Water, Salicylic Acid, dan Licorice. Tea tree water biasa digunakan untuk menenangkan kemerahan pada jerawat, sementara Salicylic Acid yang biasa kita temukan pada obat jerawat, dapat membantu untuk membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat, dan Licorice bisa membantu mencerahkan kulit.

Pada kandungan lengkapnya kita bisa menemukan bahwa produk ini juga mengandung Centella Asiatica yang dapat membantu menenangkan kulit yang berjerawat serta mencegah inflamasi, serta ada kandungan Citric Acid yang dapat mencerahkan kulit juga.

Jadi, bisa aku bilang bahwa Acne Serum ini cocok untuk kulit yang acne prone skin, sekaligus bisa membantu menyelesaikan beberapa masalah kulit pada kulit kita, meskipun tidak bisa hanya dengan satu produk saja yaa.. Tapi dari kandungannya sih cukup menjanjikan ya XD

Ingredients : Aqua, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Water, Annona Cherimola Fruit, Isopentyldiol, Centella Asiatica Extract, PEG-8, Phenoxyethanol, Salicylic Acid, Ascorbyl Glucoside, Aminomethyl Propanol, Hydroxyethylcellulose, 1,3 - Butylene Glycol, Pentane - 1,2- diol, Di Na EDTA, Ethylhexylglycerin, Isostearamidopropyl Ethyldimonium Ethosulfate, Sodium Hydroxide, Sodium Citrate, 1,2 Hexanediol, Tamarindus Indica Seed Gum, Biosaccharide Gum - 1, Phenylpropanol, Sodium Dehydroacetate, Propylene Glycol, Citric Acid 2-Amini-1-Butanol, Glycyrrhiza Uralensis Licorice) Root Extract, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Carthamus Tinctorius Safflower) Seed Oil.

Untuk teksturnya, hampir sama dengan brightening serum nya, namun tidak memiliki warna (transparan) sama sekali. Wangi nya juga tidak terlalu tercium, cenderung tidak memiliki wangi. Tentu saja tidak lengket dan mudah menyerap juga. Cara pakainya pun cukup mudah, kalian cukup teteskan serum ini ke kulit wajah kemudian ratakan. Aku sendiri memakainya hanya di area yang mudah berjerawat, atau yang sedang ada jerawat aktif maupun beruntusan saja, seperti di area hidung, dagu dan dahi atau T-Zone.

Untuk kalian yang memiliki kulit kombinasi seperti aku aku lebih menyarankan untuk memakai di area yang cukup berminyak saja atau di area kulit yang berjerawat saja, namun jika kulit kalian memang acne prone skin secara keseluruhan kalian bisa pakai ini serum ini di seluruh wajah.

Seperti yang aku bilang, aku hanya memakai di area tertentu saja, dan aku merasa serum ini sangat bagus untuk membantu menghilangkan bruntusan maupun mempercepat proses pengeringan jerawat. Serum ini juga mencegah jerawat aktif aku mengalami peradangan atau inflamasi.

Pada foto kiri ada jerawat aktif di atas alis aku, dan aku pakai acne serum ini selama kurang lebih 1 minggu tanpa memakai obat totol jerawat. Hasilnya jerawat aku berhasil kempes setelah 1 minggu namun masih ada sedikit sisa bekas jerawat berwarna coklat. 

Kemudian aku melanjutkan memakai acne serum dan brightening serum secara bergantian atau selang-seling, jadi misalnya hari ini aku pakai acne serum, lalu besoknya aku akan memakai brightening serum di area tersebut. 

Namun tolong diperhatikan, ini hanya berlaku jika sudah tidak ada jerawat aktif ya.. Jika masih ada jerawat aktif, lebih disarankan untuk memakai acne serum saja agar menuntaskan permasalahan jerawatnya. Jika tersisa bekas nya saja, kalian bisa pakai brightening serum saja atau diselang-seling acne serum seperti aku. Balik lagi ke preferensi kalian masing-masing kok ^^

Hasilnya adalah foto sebelah kanan yang bagian after, kalian bisa lihat bekas jerawatnya sudah hampir hilang setelah pemakaian selama 2 minggu.

Jadi, total di area ini aku pakai produk acne serum selama 3 minggu dan brightening serum nya selama 2 minggu dengan pemakaian selang seling tadi.

Untuk ukuran jerawat aktif dengan tidak memakai obat totol jerawat hasil ini menurut aku cukup baik karena biasanya untuk jerawat aku yang cukup bandel waktu satu minggu itu harus dibantu dengan obat totol jerawat sementara ini aku hanya memakai acne serum nya saja.

Saat aku mencoba di area kulit wajah lain yang berjerawat juga jika dibantu dengan obat totol jerawat hasilnya bisa mengempeskan jerawat sekitar 2 sampai 4 hari saja.


Jadi gimana gengs, kalian mau coba kedua produk ini? Kalau ya, serum ini sudah ready di berbagai e-commerce kesayangan kalian dengan harga hanya Rp75.000 per botol loh! Murah banget kan?

Kalian bisa langsung cek di Official Store Scarlett Whitening di Shopee (klik!) atau bisa juga beli di website nya Makeupuccino looh! Dengan hasil yang sangat bagus, apalagi ini adalah produk lokal kalian bisa banget cobain dan langsung rasakan saja manfaatnya XD

Segitu dulu review aku kali ini semoga membantu buat kalian yang sedang mencari serum untuk jerawat maupun serum untuk bekas jerawat. Kalau kalian mau coba yang mana nih ?  Atau malahan kalian juga sudah coba produk Scarlett Serum ini ? Komen di bawah ya.. See you on my next post gengs ! ^







You May Also Like

25 komentar

  1. Makasi banget kakk, tips kaka berguna banget buat aku bagian acne serum sama brightening serum pake nya selang seling. Soon aku cobain ��. Oh iya galupa makasi juga suda review serum nya scarlett, lama ngidam acne serumnyaa

    ReplyDelete
  2. Penasaran banget sama serum ini.. banyak yg bilang baguss

    ReplyDelete
  3. waaah aku jadi kepo ih pengen cobain ini juga yg brighteningnya hihihi

    ReplyDelete
  4. Penasaran banget sama serum Scarlett apalagi yng acne😍 keliatan banget after pemakaian nya bekas jerawat terhempas dan memudar,masukin wishlist dlu,thanks for review lengkapnya ka bermanfaat banget🤗🤗

    ReplyDelete
  5. jadi nambah ilmu suka bangett ��

    ReplyDelete
  6. Aku penasaran apakah produk ini aman untuk fungal acne :”

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear! This is 100% fungal acne safe karena gak ada kandungan fermentasi ataupun sejenisnya. Hope it helps ^^

      Delete
  7. Saya mau nanya ni apakah yg acne serum ny bisa untuk fungal acne mohon di jawab😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, this is 100% fungal acne safe karena gak ada kandungan fermentasi atau sejenisnya ^^

      Delete
  8. Ka kalau pakai scarlet acne serum di pakai setelah maskeran di malam hari bagus tidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung masker jenis apa kah? Kalau mud mask / masker bilas, boleh pakai acne serum setelahnya. Tapi kalau sheet mask / sleeping mask, sebaiknya pakai acne serum dulu baru maskernya.. Atau biar ga bingung, mending salah 1 aja antara masker saja atau serum saja.. Semoga membantu ^^

      Delete
  9. Ka ini pemakaian nya berapa kali seminggu? 2 kali seminggu atau gmna??

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pakai setiap malam hari, tapi kalau mau coba dulu aku saranin mulai dari seminggu 1 kali saja, baru dinaikan jd seminggu 2x, lalu seminggu 3x, baru dipakai tiap hari kalau aman ^^

      Delete
  10. Kalo yg wajah jerawatan pakek yg brightly aja apa aman ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih ada jerawat aktif, mending acne serum dulu yaa.. kalau udah tinggal bekas jerawat, baru yg brightly ^^

      Delete
  11. Kak klo pakai acne serum cocoknya sabun cuci mukanya apa yah kak? Soalnyaa aku masih jerawatan

    ReplyDelete
  12. Kak mau memastikan dong, jadi kulit aku itu kombinasi sensitif, boleh pake yang brightly serum nya ga kak ? Terus untuk usia ada batasannya ga kak ? Makasih kak

    ReplyDelete
  13. Ka mau tanya ketergantungan gak ya kalo pake acne serum ini? Apakah nanti klo tidak pakai lagi berjerawat lagi?

    ReplyDelete
  14. Hai ka. Boleh gasih ka Serum acne nya aku pake barengan Sama Garnier light complete sama Garnier yogurt sleeping mask?

    ReplyDelete
  15. Kak wajah ku berminyak kadang bruntusan , cocok pakai yg mana ya ? Mohon rekomendasinua, terimakasi

    ReplyDelete
  16. Ada review ingredient untuk facial wash nya ga kak??

    ReplyDelete
  17. Kak apakah setelah pakek toner jenis AHA. BHA.PHA , bisa langsung pakek serum acnenya kak? Mohon di jawab ya kak

    ReplyDelete
  18. Kak kalau mau pakai serum minimal usianya berapa kak?

    ReplyDelete