Tips Membuat Blog untuk Pemula - Sharing is Caring [Bahasa Indonesia]

by - Tuesday, May 14, 2019

Heyyoo geengs! Kali ini aku mau sharing bukan soal produk kecantikan, tapi tentang pengalaman sekaligus tips buat kalian yang baru mau memulai membuat blog. Sekadar mengingatkan, aku bukan blogger senior ataupun pro blogger. Aku juga masih pemula, baru satu tahun lebih dua bulan aku membuat blog. Tujuan utama pembuatan artikel ini tentunya adalah sharing gimana aku memulai membuat blog, dan hal - hal apa saja yang perlu kalian perhatikan, terutama jika kalian ingin serius untuk membuat blog, bukan sekadar yang ikut-ikutan hehe.. Jadi buat para senior, maaf jika tulisan ini masih jelek dan ada kesalahan-kesalahan frasa ya..

Sebelumnya, aku sendiri sejak awal memang senang menulis dan menuangkan segala sesuatu dalam bentuk tulisan, jadi membuat blog adalah hal yang tepat untukku. Selain itu, kategori beauty juga memang adalah hobi dan kesukaanku. Maka dari itu, aku ingin membuat blog dengan concern category / niche tentang beauty, dan sejak awal aku memang bertujuan untuk serius dalam pembuatannya. Langsung aja aku share langkah-langkah awal yang aku lakukan untuk membuat hobi yang dibayar ini 😁

1. Menentukan kategori blog


Seperti yang aku bilang sebelumnya, sejak belum membuat blog, aku sudah menentukan ingin membuat kategori apa. Beberapa ide awalku adalah techno - gadget (sebagai lulusan ITB, aku juga senang ngulik dan mengikuti perkembangan teknologi loh wkwk), beauty (beberapa tahun terakhir seneng banget makeup, skincare, hair care), fashion (aku senang mix & match) dan kuliner (walaupun kurus, aku senang makan loh, tanya aja ke teman-teman dan keluargaku, hobi aku ngemil wkwkkw).


Dari beberapa ide tadi, aku pikirkan yang mana yang paling aku sukai. Kenapa? Karena aku gak mau nantinya aku merasa terbebani saat aku menjalankannya, jadi aku menjaga supaya aku bisa tetap konsisten, dengan kategori konten yang memang aku senangi. Akhirnya, aku putuskan untuk concern di bidang beauty.

2. Membuat akun di platform yang diinginkan


Selanjutnya, kalian tentu harus punya akun di platform yang kalian inginkan. Beberapa platform gratisan yang umumnya dipakai di antaranya adalah blogger dan wordpress. Aku tidak tahu banyak mengenai wordpress karena tidak menggunakannya, jadi mungkin kalian bisa googling jika ingin mencoba wordpress.



Aku menggunakan blogger.com karena menurutku lebih praktis, tinggal klik - klik jadi deh, gak terlalu pusing sama coding (hidup masa perkuliahanku sudah terlalu melelahkan dengan coding jadi aku males aja gitu loh wkwk). Selain itu, template untuk tampilan blog nya pun simple, tinggal klik langsung jadi, praktis deh pokoknya! (walau pada akhirnya, setelah hampir setahun nge blog, aku migrasi dan menggunakan template gratisan dari Gooyabi wkwkkw)

Cara membuat akun di blogger sudah ada banyak di google , silakan tanya kesana aja ya, gampang kok!


3. Membeli domain dan hosting pribadi


Nah, tahapan ini langsung aku lakukan hanya dalam waktu 1 bulan setelah nge blog. Kenapa? Pertama, memiliki domain pribadi yang ekstensi nya .com adalah cita-cita dari awal banget ketika terjun ke dunia creative industry. Kedua, aku ingin benar-benar serius untuk menjalani hobi ini. Anggapannya, kalau aku pakai serba gratis dan tidak mengeluarkan uang, tentunya suatu hari nanti semangatku akan menurun, dan jadi malas-malasan. Makanya, aku putuskan langsung membeli domain supaya gak ada alasan untuk malas 😂 Ketiga, tentu saja supaya terlihat lebih professional saat menawarkan diri untuk bekerjasama dengan client. 

Untuk nama domain sendiri, tentunya lebih personal dan terserah kalian masing-masing. Untuk gambaran, aku memilih "widyalimited" karena itu adalah branding personal aku sejak memulai akun Instagram. Ada pula yang memilih memakai nama lengkap pribadi sebagai branding, atau memilih nama yang lucu. Semuanya tidak ada yang salah, karena balik lagi ke preference masing-masing.

Kemudian, setelah menentukan nama domain, aku mencari dimana aku bisa membeli domain yang harganya cukup murah tapi tetap praktis. Setelah mencari, aku menemukan pertanyaan lain dalam benakku : kira-kira aku perlu beli hosting juga gak ya?

NAH buat kalian yang bingung apa itu hosting, silakan cari lagi di google yah, karena sekali lagi, artikel ini untuk sekedar sharing step by step nya, bukan menjelaskan secara rinci.. Jadi kalau masih ada yang bingung, kalian bisa tanya mbah Google XD

Akhirnya aku menemukan DomaiNesia yang harganya cukup murah (baik domain saja maupun dengan hosting), tapi tetap terpercaya dan praktis. DomaiNesia bisa membantu kalian untuk pemasangan domain, bisa tanya-tanya juga kalau ada yang belum dimengerti, karena CS nya ramah dan siap sedia 24 jam wkwkwk.. 

Selain itu, jika kalian berminat untuk membeli hosting DomaiNesia juga, kalian akan mempermudah keberjalanan blog kalian nantinya, karena hosting di DomaiNesia ini tercepat di Indonesia looh! Sedikit informasi, hosting yang cepat akan membantu kecepatan blog secara keseluruhan.



Jangan khawatir, kalau kalian masih bingung, kalian bisa tanya ke CS nya DomaiNesia karena mereka akan menjawab dan membantu kalian kok! Sssttt, bisa beli hosting untung wordpress juga loohh..


4. Mulai membuat artikel blog sesuai gaya bahasa masing-masing


Nah ini poin yang menurutku juga penting. Setiap orang memiliki ciri khas dan gaya bahasa masing-masing. Jangan sampai kalian copy - paste tulisan orang lain, karena pasti akan ketahuan! Just be yourself, pelan - pelan belajar mengenali diri kalian sendiri, explore dan latihan, dan tentunya semangaat! 😘

5. Mengikuti komunitas sesuai dengan niche / kategori


Terakhir, ini juga penting buat kalian para pemula. Mengikuti komunitas yang sesuai tentunya akan mempermudah kalian dalam membangun networking serta menimba ilmu-ilmu yang berharga. Aku mengikuti beberapa komunitas dan kalian bisa cek di sidebar sebelah kanan 😂


Sekian aja sedikit tips dari aku, semoga bermanfaat buat kalian yang masih ragu untuk memulai melangkah dalam dunia blogging . Jika kalian adalah blogger, silakan tinggalkan komentar yang membangun, jangan yang julid loh yaa 😂 See you on my next post, gengs!

You May Also Like

5 komentar

  1. Saya salah satu pemula di dunia blogging hehehe... thanks tips nya ya! bermanfaat dan bikin tambah semangat untuk terus belajar dunia blogging.

    ReplyDelete
  2. @lidyaflorensia

    Seneng banget karena aku nyari-nyari info tentang cara membuat blog untuk pemula dan kamu ternyata udah share lengkap sampai tempat beli domain hehehe laff... semoga aku juga bisa segera bergabung di komunitas beauty blogger yak.

    ReplyDelete