Cara Cepat Merawat Kulit Wajah agar Sehat dan Plumpy

by - Thursday, March 03, 2022

Heyyoo geengs! Udah lama nih gak cerita tentang kondisi kulitku. Merawat kulit wajah emang tricky dan butuh kesabaran yaah.. Aku mau share tips dan juga cara merawat kulit agar sehat dan plumpy, karena pastinya itu harapan semua orang kan? 😍

Untuk informasi, siapa tau ada yang baru mampir ke blog aku nih, aku punya jenis kulit yang cenderung kering dan sensitif, tapi mudah berjerawat. Seringnya sih jerawat hormonal, tapi kadang bisa muncul jerawat juga saat terlalu sering kena lingkungan berpolusi, atau produk yang gak cocok, atau saat kulit lagi ngambek aja gitu wkwk XD

Nah, berdasarkan jenis kulit aku ini, aku memiliki tips yang bisa kamu tiru, apapun jenis kulitmu. Baca baik-baik agar gak salah informasi yaa.. 😊


1. Rajin Double Cleansing

Entah pakai makeup atau tidak, double cleansing sangat perlu looh, terutama malam hari setelah kita beraktifitas. Double cleansing adalah metode membersihkan wajah dengan 2 tahap menggunakan first cleanser dan second cleanser.

First cleanser bisa berupa micellar water, cleansing milk, cleansing oil, cleansing balm, atau biphase cleanser. Kamu bisa pakai sesuai kebutuhan kulitmu. Kalau aku paling suka pakai cleansing balm, sementara teman-temanku yang kulitnya berminyak biasanya lebih suka cleansing oil. Jangan lupa pilih juga yang kandungannya cocok untuk kulitmu yaa..

Second cleanser nya adalah facial wash ataupun facial foam, alias sabun cuci muka. Kamu juga bisa memilih sesuai kebutuhan dan juga concern kulitmu yaa.. Biasanya aku memilih yang gak mengandung SLS karena terlalu keras untuk kulit sensitifku.


2. Selalu Memakai Basic Skincare 

Udah pada tau belum nih urutan basic skincare itu apa? Kalau belum, silakan simak baik-baik yaa..

Basic Skincare bisa diingat dengan mudah dengan singkatan CTMP , yaitu Cleansing , Toning , Moisturizing, dan Protecting. Untuk tahap cleansing, yaitu poin pertama tadi, jadi selanjutnya aku akan bahas T-M-P nya yaa 😆

Toning singkatnya adalah memakai toner. Ada beberapa jenis toner, namun yang wajib dipakai sehari-hari adalah balancing toner atau hydrating toner (bisa pilih salah satu, atau memakai keduanya dengan metode double toning).

Aku sendiri lebih suka tipe hydrating toner karena kulitku cenderung kering. Biasanya aku akan memilih hydrating toner yang teksturnya cair tapi sedikit kental, bukan yang super cair kayak air. Salah satu produk yang aku suka yaitu Hydrating Primer Toner dari Airnderm.

Teksturnya cair sedikit kental, tapi mudah menyerap dan terasa kulit jadi lebih lembab dan plumpy setelahnya. Tipe toner seperti ini sebaiknya dipakai langsung ke kulit wajah, tanpa pakai kapas agar lebih cepat menyerap, sambil dipijat-pijat perlahan.

Seperti namanya, ada fungsi seperti primer yaitu membuat makeup menempel lebih baik karena kulit yang plumpy setelah pemakaian. 

Kandungannya juga oke banget looh.. Ada Glycerin dan Sodium Hyaluronate untuk melembabkan kulit, Aloe Vera untuk menenangkan kemerahan pada kulit sekaligus antioksidan. Ada juga kandungan Panax Ginseng untuk anti-aging, antioksidan, serta menghidrasi kulit.

Kerennya lagi, toner ini sudah Paraben-Free, Sulfate-Free, Alcohol-Free, Silicone-Free, EU Allergen-Free, dan juga Cruelty-Free! Ditambah lagi non-komedogenik serta fungal acne safe! Jadi aman untuk semua jenis kulit ^^

Hydrating Primer Toner ini bisa dipakai setiap hari, baik pagi maupun malam hari yaah..

Oke lanjuutt, setelah toning ada moisturizing. Tahap ini adalah memakai pelembab alias moisturizer. Semua jenis kulit perlu memakai pelembab ya geengs, baik kulit normal, kering, berminyak, berjerawat, maupun sensitif. Kamu bisa pakai tipe moisturizer yang sesuai dengan jenis kulitmu. Aku sendiri bisa memakai tipe pelembab apapun, sesuai dengan kebutuhan kulitku.

Kalau kulit berminyak, akan lebih cocok dengan tipe pelembab dengan tekstur gel, misalnya Niacinamide Gel dari Airnderm. Tekstur gel membuat pelembab lebih cepat menyerap ke kulit, tanpa meninggalkan kesan lengket atau greasy. Warnanya biasanya transparan gitu siih..

Aku suka pakai Niacinamide Gel karena bisa melembabkan kulit sekaligus membantu mencerahkan kulitku. Ada kandungan Panthenol dan Sodium Hyaluronate untuk melembabkan kulit, Arginine untuk mengencangkan kulit serta anti-aging, dan juga Niacinamide 4% untuk melembabkan dan mencerahkan kulit. Mantap kaan 😍

Niacinamide Gel ini bisa dipakai setiap hari, baik pagi maupun malam hari yaah..

Kalau kulitmu super kering, kamu bisa pakai pelembab dengan tekstur yang lebih creamy yaa ^^

Selanjutnya tahap Protecting, yaitu penggunaan sunscreen di pagi - sore hari. Kamu bisa pakai sunscreen dengan minimal SPF 20, dan harus selalu dipakai meskipun gak keluar rumah yaa.. Lengkapnya mengenai cara pakai sunscreen sudah pernah aku bahas di artikel ini (klik!).

3. Melakukan Eksfoliasi secara Rutin (sesuai kebutuhan)

Kulit akan beregenerasi secara berkala, dan sel-sel kulit mati bisa menumpuk di permukaan kulit jika tidak dibersihkan dengan benar. Ada beberapa produk yang bisa kamu pakai untuk membersihkan sel kulit mati ini, yang proses nya disebut eksfoliasi.

Produknya sendiri ada bermacam-macam, jika kulitmu tidak sensitif alias kulit badak, kamu bisa coba scrubbing  atau skincare yang mengandung scrub. Namun, jika kulitmu sensitif, kamu bisa coba exfoliating toner atau exfoliating serum (pilih salah 1 untuk dipakai dalam 1 hari yang sama). Ciri produknya adalah yang mengandung AHA / BHA pada produknya, misalnya AHA / BHA Serum dari Airnderm.

Teksturnya cukup kental, dan cara pakainya cukup diratakan ke kulit lalu tunggu 1-2 menit sebelum lanjut ke step skincare berikutnya. Jangan lupa pakai produk yang melembabkan kulit, dan hindari menggunakan AHA/BHA/PHA ataupun retinol setelahnya yaa..

Selain bisa mengangkat sel kulit mati, AHA/BHA Serum juga bisa membantu memudarkan hiperpigmentasi / bekas jerawat, membersihkan kulit hingga ke pori-pori, serta mengencangkan kulit. Kandungan pada AHA/BHA ini juga cukup powerful, dengan kandungan Lactic Acid 4,5% , kemudian Glycolic Acid 4% serta Salicylic Acid 2%. Untuk kamu yang pemula / belum pernah pakai exfoliating serum, sebaiknya coba pakai seminggu sekali dulu yaa..

Penggunaan produk eksfoliasi cukup seminggu 1 - 2 kali aja ya geengs, dan harus dipakai di malam hari. Kamu bisa pakai exfoliate serum setelah mencuci muka sebelum memakai toner, atau bisa juga setelah memakai toner. So far aku sendiri lebih suka pakai exfoliating dulu, baru hydrating toner dan moisturizer.

Nah, 3 tips tadi yang menurutku benar-benar membantu kulitku untuk menjadi lebih sehat dan plumpy selama ini. Sstt, aku sempat cek nih penggunaan produk Airnderm di kulitku selama 1 bulan pemakaian, dan menurutku benar-benar bagus untuk semua jenis kulit!

Keliatan kan, kulit aku jadi lebih sehat sekaligus cerah kan? Kemerahan pun berkurang.. Walau masih ada bekas jerawat yang perlu dirawat dengan sabar, tapi yang penting healthy skin dan pikiran yang positif! Semangaat ^^

Semoga artikel aku kali ini bermanfaat buat kamu yang masih struggle dengan kulitmu yaa.. Kuncinya adalah konsisten dan sabar, karena skincare bukan ketok magic. Xixixi bengek hyungx 😂😂

See you, gengs! 



You May Also Like

0 komentar

Total Pageviews