Cara Pakai Sunscreen yang Benar

by - Sunday, October 10, 2021

Cara Pakai Sunscreen yang Benar – Salah satu step dalam rangkaian skincare adalah menggunakan Sunscreen. Pemakaian Sunscreen disebut sangat penting. Apalagi bagi orang-orang yang senang beraktivitas di luar ruangan.

Sinar Matahari dapat berefek buruk pada kulit anda. Dampak tersebut yaitu dapat membuat penuaan dan gosong atau terbakar. Sebagai manusia yang tinggal pada iklim tropis, penggunaan sunscreen tidak boleh anda lewatkan.

Pemakaian sunscreen yang bertujuan untuk melindungi kulit bisa saja menjadi kurang efektif karena cara pakai sunscreen yang salah. Lalu, bagaimana cara menggunakan sunscreen dengan benar? Berikut ulasan mengenai cara pakai sunscreen yang benar.


1. Memilih Sunscreen yang Sesuai

Sebelum pada pemakaian, anda harus memastikan pemilihan sunscreen yang benar. Apakah sunscreen yang anda gunakan cocok atau sesuai dengan jenis kulit anda?

Jika anda termasuk pada jenis kulit berminyak, sebaiknya anada menggunakan sunscreen berbahan dasar air dan bertekstur seperti gel. Sedangkan untuk kulit yang kering, anda dapat menggunakan sunscreen yang mampu memberikan kelembaban.

2. Menggunakan Sunscreen 30 Menit Sebelum Beraktifitas

Setelah anda memilih sunscreen yang tepat sesuai dengan jenis kulit. Selanjutnya, anda harus mengetahui waktu pemakaian suncreen. Gunakanlah sunscreen dengan jarak 15-30 menit sebelum anda melakukan aktivitas luar ruangan.

Hal ini berguna, agar kandungan dalam sunscreen dapat meresap pada kulit dengan sempurna. Serta dapat memberikan perlindungan yang maksimal.

3. Kocok Sunscreen Sebelum Anda Gunakan

Apabila anda menggunakan sunscreen dengan kemasan tube, jangan lupa untuk mengocok sunscreen sebelum anda gunakan. Sunscreen berbentuk cairan yang bisa saja partikelnya berpisah. Oleh karena itu, anda harus mengocok sunscreen agar kandungannya tercampur lagi.

4. Gunakan Sesuai Takarannya

Jika anda berfikir menggunakan sunscreen dalam jumlah yang banyak akan membuat kulit semakin terlindungi. Anda salah. Justru sesuatu yang berlebihan akan berdampak buruk. Gunakan sunscreen secukupnya. Secukupnya berarti jumlah sunscreen yang anda gunakan mampu menutup seluruh bagian kulit dengan sempurna sesuai takaran, yaitu sekitar 1 sendok teh atau 2 jari full yaa..

5. Oleskan Secara Merata pada Step Terakhir Skincare

Jangan lupa untuk meratakan sunscreen dengan benar sampai seluruh kulit wajah atau area kulit yang anda maksud tertutupi sunscreen. Urutan pemakaian sunscreen adalah pada step terakhir urutan skincare.

Jadi, setelah menggunakan sunscreen anda tidak boleh menggunakan step skincare lagi. Namun, untuk make up tentu saja boleh. Mengoleskan skincare pada kulit yang telah tertutup sunscreen akan mengurangi efektivitas sunscreen.

6. Oleskan Sunscreen 2 jam Sekali

Cara pakai sunscreen berikutnya yaitu re-apply. Re-apply adalah pemakaian kembali sunscreen. Dalam jangka waktu 2 jam sekali, efektivitas sunscreen dapat menurun. Oleh karena itu, untuk mengembalikan efektivitas sunscreen.

Anda harus mengoleskan kembali sunscreen pada wajah setiap 2 jam sekali. Nah, untuk anda yang sering beraktivitas dibawah sinar matahari. Kegiatan re-apply ini harus anda lakukan. Karena, sunscreen tidak akan mampu melindungi seharian penuh.

7. Gunakan Meskipun Berada Dalam Ruangan

Banyak yang bertanya, selain dari cara pakai sunscreen di dalam ruangan dan luar ruangan. Benarkah, bahwa sunscreen hanya digunakan oleh orang-orang yang beraktivitas di luar ruangan? Jawabannya tidak.

Meskipun anda berada pada suatu ruangan, anda tetap memerlukan sunscreen. Namun, yang membedakannya adalah tingkat kandungan yang kulit perlukan. Saat dalam ruangan anda dapat menggunakan sunscreen ber SPF rendah dengan minimal SPF 25.

Jika anda berada pada luar ruangan, anda harus menggunakan sunscreen yang ber SPF yang lebih tinggi, minimal SPF 30.




You May Also Like

0 komentar

Total Pageviews