Kandungan Skincare yang Tidak Boleh dipakai Bersamaan

by - Saturday, February 19, 2022

Kandungan Skincare yang Tidak Boleh dipakai Bersamaan – Pemakaian skincare rasanya sudah menjadi hal yang wajib bagi kaum hawa. Banyak orang rela menghabiskan uangnya, untuk membeli skincare agar mendapatkan kulit yang mulus dan sehat.

Beberapa rangkaian skincare, mengharuskan menggunakan skincare dengan beberapa lapis. Sebenarnya, menggunakan skincare dengan kandungan berlapis sah-sah saja. Namun, ada kandungan skincare tertentu yang tidak boleh dipakai bersamaan.

Bukannya membuat kulit anda menjadi mulus dan sehat. Justru penggunaan kandungan tersebut akan memperburuk masalah kulit. Salah satu efeknya adalah iritasi. Nah, apa aja sih kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan? Berikut jawabannya.

Kandungan Skincare yang Tidak Boleh dipakai Bersamaan

1. Vitamin C dan AHA/BHA

Seperti yang kita tahu, kandungan antioksidan pada vitamin C memiliki fungsi untuk melindungi kulit. Mencampurkan skincare yang memiliki kandungan vitamin C dengan AHA/ BHA dapat menurunkan kadar antioksidan.

Hal ini karena kandungan pada AHA/ BHA dapat mengubah pH yang terkandung dalam Vitamin C. Alhasil manfaat dari kandungan tersebut akan berkurang. Lebih parahnya dapat menyebabkan iritasi.

Oh ya, BHA biasa disebut juga sebagai Salicylic Acid atau Asam Salisilat, jadi Vitamin C juga sebaiknya tidak digabung dengan Salicylic Acid yaa..

2. Vitamin C dan Retinol

Kandungan Vitamin C dan Retinol tidak boleh anda pakai secara bersamaan. Sebab, seperti yang kita tahu bahwa Vitamin C mengandung asam. Sedangkan Retinol mengandung Basa. Jadi, jika kedua zat ini anda satukan. Hanya akan membuat kedua zat tidak efektif.

Pemakaian vitamin C dapat anda lakukan pada siang hari untuk melindungi kulit. Sementara Retinol dapat anda gunakan pada malam hari.

3. Retinol dan AHA/ BHA

Retinol dan AHA/ BHA merupakan kandungan yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Secara sederhana, pemakaian zat tersebut untuk eksploitasi. Kebayang dong jika semua kandungan ini anda satukan?

Terlebih lagi, jika kulit anda adalah kulit yang kering atau kombinasi. Eksploitasi berlebihan dapat membuat masalah baru pada kulit. Yaitu kulit yang mengelupas akibat eksploitasi berlebih.

4. Kandungan Retinol dan Benzoyl Peroxide

Pada masalah kulit berjerawat, pemakaian benzoyl peroxide terhitung sangat efektif. Namun, jika kandungan benzoyl peroxide anda campur dengan retinol. Maka, kandungan masing-masing zat akan mati atau tidak efektif lagi.

Jadi, jangan heran kalau anda yang punya jerawat. Kemudian menggunakan benzoyl peroxide yang anda pakai berdampingan atau layering dengan retinol. Hasilnya akan sia-sia, karena kandungan untuk membasmi jerawat hilang.


Gimana nih gengs, sudah tau kan kandungan apa saja yang sebaiknya tidak dipakai bersamaan? Sebaiknya jika ingin memakai kombinasi dari kandungan tadi, bisa kamu bedakan waktu penggunaannya ya! Khusus Retinol, sebaiknya kamu pakai di malam hari saja 😍

You May Also Like

0 komentar