Cara Mencegah Jerawat Datang

by - Saturday, December 04, 2021

Cara Mencegah Jerawat Datang – Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh minyak atau sel kulit mati. Kondisi ini sangat tidak diinginkan oleh banyak orang, pasalnya jerawat yang tumbuh pada wajah akan menganggu penampilan.

Sebelum jerawat datang di kulitmu, sebaiknya kamu melakukan pencegahan. Sesuai dengan peribahasa yang mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Nah, pencegahan jerawat dapat kamu mulai dari kebiasaan sehari-hari. Apa aja sih cara mencegah jerawat? Nah, agar lebih jelas. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah tumbuhnya jerawat yang dapat anda lakukan. 

Cara Mencegah Jerawat

💜 Rajin Mengganti Sarung Bantal dan Menjaga Kebersihan

Cara pertama untuk mencegah jerawat adalah dengan menjaga kebersihan. Jerawat dapat tumbuh karena bakteri tertentu yang terdapat dalam kotoran atau debu. Anda harus senantiasa menjaga kebersihan untuk mencegah datangnya jerawat.

Salah satu cara yang efektif yaitu mengganti sarung bantal dan seprai secara rutin. Secara tidak sadar, mungkin ketika anda tidur. Anda sering sekali menempel pada seprai atau bantal. Oleh karena itu, anda harus rajin mengganti sarung bantal dan seprai.

Karena kedua barang ini adalah barang yang seringkali berdekatan dengan kulit wajah. Sarung bantal yang kotor, dapat menimbulkan jerawat. Sebab terkandung bakteri dan kotoran yang berpindah dari sarung bantal atau seprai ke wajah.

💜  Membersihkan Wajah Secara Rutin

Kamu harus menerapkan kebiasaan membersihkan wajah secara teratur atau rutin. Kulit kamu mungkin terpapar oleh berbagai macam polusi dan debu. Apabila anda tidak mencuci wajah, maka kotoran ini akan menumpuk dan menyumbat pori-pori. Selain jerawat, kebiasaan tidak mencuci muka dapat menimbulkan masalah kulit kusam dan komedo.

Kamu bisa mencuci wajah 2 kali, saat pagi hari (morning skincare routine) dan malam hari sebelum tidur (night skincare routine). Ada baiknya menerapkan double cleansing atau 2 tahap cuci muka, terutama setelah bepergian atau beraktivitas seharian penuh, atau saat kamu memakai makeup. 

Double cleansing ini bisa kamu lakukan dengan mudah, tahap pertama adalah first cleanser, bisa memakai micellar water, cleansing oil, cleansing balm, atau bi-phase cleansing water (campuran oil dan water). Kemudian, dilanjutkan dengan second cleanser , bisa berupa facial wash atau facial foam.

💜 Jangan Menyentuh Wajah Sembarangan

Tau gak sih, bahwa menyentuh wajah terlalu sering dengan tangan yang kotor akan menimbulkan jerawat? Bakteri dan kotoran dapat menempel pada semua benda di lingkungan kita. Contohnya, sehari-hari mungkin anda sering menekan keyboard laptop atau layar smartphone kamu.

Usahakan untuk selalu menyentuh wajah dalam keadaan tangan yang bersih atau cuci tangan dulu, agar bakteri dan kotoran yang ada pada tangan tidak berpindah pada wajah. Ini berlaku juga saat kamu skincare-an, jangan sambil main HP yaa, ntar bakteri di HP malah pindah ke wajah atau bahkan ke dalam skincare kamu 😅

💜 Menggunakan Skincare yang Sesuai Jenis Kulit 

Berikutnya, kamu harus memilih dan menggunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Pemakaianskincare yang tidak sesuai dengan jenis kulit akan menimbulkan jerawat loh, seperti pengalamanku awal-awal menjadi blogger, yang mana jenis kulit aku adalah kering - sensitif, tapi malah pakai produk untuk kulit berminyak 😱

Saat ini banyak kok skincare di minimarket atau toko-toko gitu yang langsung menyebutkan skincare nya untuk jenis kulit apa. Pastinya kamu udah kenal dengan kulitmu sendiri kan, jenis kulitnya apa? Coba comment deh ^^

💜 Kelola Stress, Stress dapat Menyebabkan Jerawat!

Stress berhubungan dengan hormon. Perubahan hormon akan menyebabkan hormon yang tidak seimbang. Ketidak seimbangan ini akan menimbulkan masalah jerawat pada wajah anda. Hormon ini juga mampu mendorong produksi minyak yang berlebih.

Pengalaman pribadi aku, waktu aku stress dengan skripsian, bikin jerawat meradang! Tips nya, tetap tenang, coba short vacation agar tidak terlalu stress. Semangat untuk para pejuang jerawat hormon!

💜 Minum Air Putih dan Makan Makanan yang bergizi

Minum air putih yang cukup dan memakan makanan yang bergizi memberikan hidrasi dan nutrisi yang baik bagi kulit anda. Jadi, jangan lewatkan untuk meminum air putih minimal 8 gelas sehari. Dan makan makanan yang bergizi seperti sayuran yang kaya akan manfaat.

Gimana, apakah kamu sudah melakukan tips-tips di atas? Ingat yaa, jerawat itu banyak penyebabnya, jadi coba lakukan pelan-pelan dan cari penyebab jerawatmu, supaya kamu bisa menghentikan "akar" penyebab jerawatnya, dan tentunya bisa mencegahnya datang lagi di kemudian hari 😍

 


You May Also Like

0 komentar

Total Pageviews