Mengenal Tamanu Oil : Regenerasi Kulit Dari Alam

by - Monday, November 16, 2020


Heyyoo gengs! Apa kabar? Semoga masih sehat-sehat yaa baik jasmani maupun rohani..

Kalau kulit wajah kalian gimana nih? Masih sehat kah? Memang tidak dapat dipungkiri bahwa kita pasti mengalami masalah kulit yang berbeda-beda. Untuk mengobatinya, mungkin kalian akan dihadapkan oleh berbagai macam produk kecantikan yang berada di pasaran, kemudian kalian akan merasa bingung terutama jika produk tersebut tidak cocok dan malah memperparah masalah kulit kamu. 

Nah, di artikel aku kali ini, aku mau membahas salah satu bahan alami yang sangat baik untuk regenerasi kulit, yaitu Tamanu Oil.

Tamanu oil ini seperti pasukan karena mampu mengatasi hingga mencegah mulai dari jerawat hingga menjaga kesehatan kulit secara alami. Tamanu oil ini mengandung antioksidan dan sifat terapeutik yang melimpah sehingga mampu membuat kulit kamu glowing dalam waktu singkat. Nah, kira-kira apa aja sih manfaat dari Tamanu Oil yang berasal dari Polinesia ini? Check it out!

Sebenarnya apa sih Tamanu Oil ini?

Faktanya, tamanu oil ini berasal dari biji pohon tamanu, pohon tamanu itu sendiri berasal dari kepulauan pasifik. Jadi selama berabad-abad, penduduk asli tersebut menggunakan tamanu oil sebagai obat untuk memperbaiki masalah kulit mereka. Nah sejak itulah minyak ini menjadi sumber kekayaan di Asia Tenggara, pohon tamanu ini juga dapat mekar selama dua kali dalam setahun yang dapat menghasilkan sekitar 5kg minyak pertahunnya. 

Biji yang dihasilkan oleh pohon tamanu ini dikeringkan dibawah sinar matahari selama delapan miggu, pengeringan tersebutlah yang mengeluarkan minyak lengket. Untuk mendapatkan minyak tersebut biji tamanu di tekan-tekan guna mendapatkan minyak dengan kualitas terbaik, minyak tamanu dengan kualitas baik menghasilkan warna hijau tua.

Manfaat Tamanu Oil Untuk Kulit

Tamanu oil ini terkenal ampuh sebagai perawatan kulit, tamanu oil adalah minyak serba guna untuk mengatasi masalah kulit. Lalu apa saja manfaat tamanu oil untuk kulit? Mari kita bahas satu persatu:


1. Tamanu oil untuk kulit rusak

Maksud dari kulit rusak disini adalah kamu mengalami masalah kulit tidak lebih dari satu melainkan berbagai macam masalah yang sedang kamu harapi. Tahukah kamu mengapa masyarakat Polinesia menggunakan tamanu oil ini selama berabad-abad, karena kemampuan yang dihasilkan oleh tamanu oil mampu memperbaiki dan menyembuhkan kulit. Tamanu oil mengandung sifat antibakteri dan antibiotik yang membantu memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh jerawat, lemak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang sangat tinggi sehingga membantu kulit anda untuk menjaga keseimbangan kelembapan.

Tingginya kadar asam lemak tak jenuh ganda memainkan peran kunci dalam perkembangan sel-sel kulit baru, asam amino juga sangat penting dalam peremajaan sel kulit yang mengakibatkan penutupan luka.

2. Tamanu Oil Untuk Jerawat

Kandungan yang unik dalam tamanu oil ini khususnya asam calophllic, calophyllolide  dan lactone ini berkerjasama untuk mengatasi jerawat dengan memberikan sifat antibakteri, anti-inflamasi dan antibiotik. Tamanu oil ini ampuh membasmi masalah jerawat dengan alami. Keuntungan penggunaan minyak tamanu dibandingkan perawatan jerawat konvensional adalah tidak disertai efek samping negatif seperti pengelupasan, kulit kering, fotosensitifitas atau kerusakan pelindung kulit.

Penelitian telah menemukan bahwa tamanu oil ini mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, asam linoleat dan sifatnya yang anti-inflamasi membantu mengurangi kemerahan terkait jerawat, iritasi serta mempercepat penyembuhan luka dan meminimalkan bekas luka yang disebabkan oleh jerawat.

3. Tamanu Oil Untuk Hiperpigmetasi

Hiperpigmentasi adalah kondisi dimana kulit terdapat bercak menjadi lebih gelap dari pada warna di daerah sekitarnya. Ada banyak penyebab dari hiperpigmentasi ini salah satunya adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Studi mengatakan bahwa tamanu oil ini memiliki aktivitas anti-inflamasi karena molekul calophyllolidenya, sifat antioksidan , dan pelindung UV yang alami.

4. Tamanu Oil Akibat Sunburn

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, bahwa paparan sinar matatahari yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Tamanu oil memiliki kandungan coumarins dan xanthonrs, dimana kandungan ini membantu mempertahankan integrasi terhadap radikal bebas yang disebabkan oleh sinar UV. Fakta lain dari penelitan adalah 85% kerusakan DNA yang disebabkan oleh radiasi UV dihambat dengan 1% minyak calophyllum.

5. Tamanu Oil Untuk Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi kronis yang diperburuk oleh keadaan strain bakteri, staphlococcus aureus. Penelitian mengatakan bahwa aktivitas antibakteri yang tinggi terhadap bakteri umum mengakibatkan infeksi kulit seperti strain staphylococcus aureus dan tamanu oil memiliki kandungan calophyllum nophyllum sebagai obat tersebut.

6. Tamanu Oil Untuk Kulit Keriput

Dalam hal kerutan, pencegahan adalah kuncinya. Seperti disebutkan di atas, antioksidan melindungi kulit kamu dari UV dan kerusakan yang disebabkan polusi, yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini, mempercepat laju munculnya keriput dan bintik-bintik penuaan pada kulit kamu. Tamanu Oil tidak hanya mengandung antioksidan yang membantu mencegah kerutan, tetapi juga asam lemak omega 3 dan 6 bermanfaat bagi kulit yang membantu mencegah penuaan. Asam lemak sehat ini membantu menjaga kulit Anda terlihat glowing dan terhidrasi, mengurangi tampilan kerutan dalam dan garis halus.

7. Tamanu Oil Untuk Menghilangkan Garis Halus

Meskipun Tamanu Oil telah ada selama berabad-abad, kekuatan supernya masih terungkap. Seperti yang telah ditunjukkan oleh ilmu pengetahuan, minyak yang unik dan kuat ini memiliki banyak khasiat terapeutik yang dapat memperbaiki kulit kamu. Dari memerangi jerawat hingga menghaluskan kerutan, minyak Tamanu adalah tambahan serbaguna untuk rutinitas perawatan kulit yang sehat. Tak heran bahwa Tamanu Oil di sebut-sebut sebagai anti aging yang alami.


Gimana nih gengs, sudahkah kamu paham manfaat yang di sediakan oleh Tamanu Oil ini? Salah satu tamanu oil saat ini yang sudah terkenal sekaligus brand pertama adalah tamanu oil falabelle. Tamanu Oil Falabelle ini sudah bersertifikasi BPOM dan kamu bisa coba ya.

Segitu dulu artikel aku kali ini, semoga berguna buat kalian yang masih mencari face oil ataupun kandungan tentang Tamanu Oil yaa.. See you on my next post, geengs!

You May Also Like

0 komentar

Total Pageviews