5 Cara Efektif untuk Menghindari Coronavirus [Sharing is Caring]

by - Saturday, May 16, 2020

Heyyoo geengs! Masih pada karantina mandiri di rumah kaan? Adanya virus corona atau COVID-19 yang sedang mewabah di seluruh dunia ini membuat ilmuwan bekerja keras untuk menemukan penawarnya maupun vaksinnya. Bahkan virus ini telah menyerang ribuan orang dari berbagai negara hingga menelan banyak korban jiwa, dari berbagai kalangan. Berbagai upaya dan kebijakan juga sudah diambil pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus ini, salah satunya dengan kebijakan karantina mandiri. 

Namun, ada baiknya juga kita untuk selalu berjaga-jaga agar tidak tertular virus ini, meskipun hanya di rumah saja. Dengan memperhatikan lingkungan sekitar kita dan juga menjaga kebersihan, diharapkan dapat membantu agar kita tidak mudah terserang virus ini. Adapun berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghindari tertularnya virus ini. 

Nah, di artikel kali ini, aku mau share mengenai 5 cara efektif untuk menghindari coronavirus yang bisa kita lakukan di rumah. Check it out! 

1. Mencuci tangan dengan benar dan Bersih


Dengan selalu mencuci tangan sehabis bepergian atau memegang sesuatu adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus 2019-nCoV. Cucilah tangan kalian di bawah air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik untuk menghempaskan kuman yang ada di tangan. Sabunnya bisa sabun apa saja, tapi jika ada sabun dengan antiseptik dan antimikroba akan lebih baik.

mencuci-tangan-dengan-sabun-halodoc
source : halodoc

Pastikan juga seluruh bagian tangan kalian dicuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Kemudian, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau bisa juga dengan mesin pengering tangan.


2. Menggunakan masker


Cara efektif selanjutnya untuk menghindari virus COVID-19 yaitu dengan menggunakan masker. Meskipun tidak efektif sepenuhnya, akan tetapi penggunaan masker ini tetap bisa saja menurunkan resiko penyebaran infeksi virus corona. Lebih disarankan untuk penggunaan masker medis digunakan untuk yang sedang sakit agar virus yang ada padanya tidak tertular pada orang lain. 

masker-kain-polos

Sementara itu, untuk kita yang tidak sedang sakit, kita bisa memakai masker kain 2 lapis dan diantaranya diberi lapisan tisu. Pakailah masker setiap keluar rumah agar virus tidak mudah masuk ke tubuh, karena jalur masuk virus ini adalah lewat pernafasan (hidung atau mulut). Cucilah masker kain setelah dipakai dan buang lapisan tisu nya.

3. Menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat


Diketahui jika daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit termasuk terinfeksi virus ini. Sebaiknya kalian rajin mengkonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak. Hal ini dapat membantu kita untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Jika perlu, kalian juga bisa minum multivitamin. 

makan-buah-dan-sayur
source : Halodoc


Halodoc kini hadir untuk memudahkan kalian dalam berkonsultasi, looh.. Kalian bisa berkonsultasi pada dokter ahlinya untuk mengatur menu makanan yang sehat untuk menjaga daya tahan tubuh kalian. Ada banyak dokter terpercaya yang bisa anda temukan di halodoc untuk memberikan berbagai tips dan trik menjaga daya tahan tubuh. 

4. Tidak pergi ke negara terjangkit dan menjaga jarak dengan orang lain


Seperti diketahui, hampir seluruh negara telah terjangkit kasus virus ini, tidak hanya di China (Wuhan) saja. Untuk itu, perlu mengantisipasi untuk tidak pergi ke luar negari yang telah terjangkit. Begitupun di dalam negeri, sebaiknya kita tidak berpergian ke luar kota.

Tentu dengan di rumah saja kita akan lebih minim terpapar resiko virus ini. Pemerintah juga telah melakukan kebijakan physical distancing dengan menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain. Hindari pula mengunjungi tempat yang ramai. Sebisa mungkin, stay at home aja yaa jangan kemana-mana gengs!

5. Menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan virus

Kelelawar


Diduga jika coronavirus jenis baru ini diduga kuat berasal dari kelelawar dan disebarkan oleh beberapa hewan mamalia dan reptil. Oleh sebab itu, hindarilah kontak dengan hewan-hewan tersebut. Apabila kalian ingin mengonsumsi daging atau ikan, pastikan daging atau ikan tersebut sudah dicuci dan dimasak hingga benar-benar matang. Hindari dulu makanan mentah atau setengah matang yaa.. Hindari pula mengkonsumsi daging atau ikan yang sudah tidak segar atau busuk. Meskipun belum pasti, tapi gak ada salahnya kan untuk waspada di saat seperti ini ^^


Nah, itu dia 5 cara efektif untuk menghindari coronavirus yang bisa kita terapkan di rumah. Ingat, menjaga daya tahan tubuh sangat penting dan mencuci tangan agar selalu bersih juga sangat penting. Menjaga pola makan dan lingkungan tetap bersih menjadi salah satu cara efektif untuk menghindari coronavirus. Jika diterapkan dengan benar dan sesuai prosedur, maka virus ini tentu tidak akan menghampiri kita.  

Tetap semangat menjalani karantina di rumah ya geengs, kita pasti bisa menang melawan virus ini! See you on my next post, geengs!

beauty-blogger-skincare

You May Also Like

4 komentar

  1. semenjak pandemic aku juga jadi sering banget cuci tngan even aku cuma dirumah aja hihi, menjaga lebih baik daripada mengobati lahya beb

    ReplyDelete
  2. Siap infonya berguna, lagi pandemi gini ga boleh malas cuci tangan biar bakteri ngga nemplok di mana-mana dan kalo keluar harus pake masker juga.

    ReplyDelete
  3. Betul banget ni, semuanya harus diikuti ya cara2nya supaya menghindari terkena virusnya. Semoga kita sehat selalu ya

    ReplyDelete
  4. setuju banget sama step by stepnya. harus diikuti biar bisa terhindar dari kejahatan virus saat ini. semangat, sehat selalu :)

    ReplyDelete