Aku dan Alam Semesta - Peluncuran Buku Cerita Anak karya de Laras [Event Report]

by - Sunday, December 01, 2019

Peluncuran Buku "Aku dan Alam Semesta"

Heyyoo geengs! Udah pada follow instagram aku @widyalimitedcom beluum? XD Kalau belum, buruan follow dulu yaa wkwk.. 

Jadi, aku sempat share di instagram story aku tentang acara peluncuran buku cerita anak berjudul Aku dan Alam Semesta. Peluncurannya diadakan di Perpustakaan Nasional ITB. Buku ini bukan buku cerita biasa, karena di dalamnya terdapat ilustrasi gambar yang unik dan lucu, looh.. Oh ya, ceritanya pun berkaitan dengan alam semesta, lingkungan, dan lain-lain, jadi buku cerita ini termasuk buku cerita non - fiksi. 

Buku Aku dan Alam Semesta ini ditulis oleh de Laras dan diterbitkan oleh ITB Press, salah satu percetakan resmi ITB yang biasanya mencetak buku yang berkaitan dengan pelajaran di kampus ITB. Acara peluncuran buku ini dihadiri oleh blogger dari Komunitas Emak Blogger (KEB), serta undangan dan kerabat dari penulis.


Acara peluncuran buku diawali oleh beberapa kata sambutan, salah satunya dari Teh Efi selaku perwakilan dari KEB di Bandung. KEB sendiri adalah komunitas yang diikuti oleh de Laras dan menjadi komunitas dimana beliau mengawali kegiatan menulisnya selama ini. 


Turut hadir pula pak Edi Warsidi sebagai perwakilan dari percetakan ITB Press. Beliau menceritakan bahwa buku Aku dan Alam Semesta ini adalah buku pertama yang dicetak ITB Press yang bukan merupakan buku studi untuk pembalajaran di kampus ITB. Namun karena memiliki informasi yang baik dan masih berhubungan dengan sains serta alur cerita yang menarik, akhirnya buku ini bisa dicetak dan disebarluaskan.

Diadjeng Laraswati - nama asli kak Laras - sudah menulis beberapa buku antopologi, novel, dan lain-lain. Untuk menghasilkan sebuah buku cerita non-fiksi tentunya tidak mudah. Pertama-tama, kak Laras perlu mempelajari secara mendalam lewat narasumber.

Pada buku ini terdapat dua narasumber yang membantu kak Laras, yaitu Prof. Bambang Hidayat yang merupakan seorang astronom Indonesia dan Guru Besar ITB, serta Prof. Reini Wirahadikusumah yang merupakan Rektor ITB Terpilih Periode 2020 -2025. Sayangnya, keduanya tidak bisa hadir dalam acara ini.

Kak de Laras, berbaju kuning

Pada acara peluncuran sekaligus bedah buku ini, kak Laras menyampaikan seluk beluk pembuatan buku ini. Mulai dari bantuan Prof. Bambang yang banyak memberikan literasi dan materi untuk dipelajari, cerita singkat mengenai awal pembuatan buku, dan lain-lain. Ternyata, awalnya untuk buku cerita anak, kak Laras sempat menulis novel pendek bernuansa "horror". Wah, gak di sangka, yaah XD

Dalam acara ini, turut hadir pula kang Ali Muakhir yang sudah menerbitkan banyak buku, yang sebagian besar adalah buku cerita anak. Beliau menceritakan bahwa buku Aku dan Alam Semesta ini memiliki range usia pembaca yang cukup luas. Jadi, tidak hanya untuk anak - anak, looh.. Karena banyak ilmu pengetahuan di dalamnya!

Cerita unik lainnya datang dari kak Tanti Amelia selaku ilustrator untuk buku ini. Ternyata kak Tanti sudah cukup lama kenal dengan kak Laras, dan memiliki spesialiasi penggambaran / ilustrasi manual (menggunakan tangan dan kertas, bukan digital) berbentuk doodle. Pertemuan pertama kak Tanti dan kak Laras adalah di sebuah acara kreasi menggambar / doodle, dan disini lah kami semua baru tahu kalau kak Laras juga seorang ilustrator! Wiiihh keren yaa..


Acara bedah buku ini diakhiri dengan pembagian hadiah dan doorprize, sayang sekali aku gak dapet nih XD Setelah itu, kami berfoto bersama, dan kami pun mendapatkan oleh-oleh dari Faber Castell dan juga ITB Press.


Sedikit informasi mengenai buku Aku dan Alam Semesta, buku ini memiliki 10 cerita pendek yang seru banget! Buku nya sendiri memiliki 2 jenis, ada yang hitam putih dan ada yang berwarna. Terdapat 161 halaman dan 41 gambar ilustrasi di dalamnya, yang tentunya mengandung informasi keren yang bahkan mungkin belum kalian ketahui meskipun kalian sudah dewasa XD



Buku ini bercerita mengenai keindahan alam dan lingkungan sekitar kita yang tentunya perlu kita jaga bersama. Harapannya, dengan pendidikan sedari dini kepada anak-anak, mereka akan mencintai alamnya dan merawatnya dengan baik.


Buat yang mau beli buku ini, akan segera hadir di toko buku terdekat kalian, sooo jangan lupa untuk beli dan baca buku nya yaa! See you on my next post ~

You May Also Like

0 komentar