[Honest Review] Kapas Ajaib dari COSRX - One Step Pimple / Original Pad [Bahasa Indonesia]

by - Sunday, June 24, 2018

Hai guurrlls! Back again with my Honest Review! Kali ini aku mau bahas skincare yang super hits dari brand COSRX, yaitu One Step Pimple Clear Pad. Yang aku punya ini memang kemasan lamanya girls, karena COSRX memperbarui packaging dan juga mengubah namanya menjadi One Step Original Clear Pad. Kabarnya, produk skincare yang satu ini bisa membantu mengusir jerawat dan memudarkan bekas jerawat looh! Kira-kira bagaimana performa kapas ajaib alias magic pads dari Korea ini di kulitku? Bakal menyebabkan bruntusan gak ya? Secara kulitku ini sensitif dan kadang rewel sama produk produk baru 😂 Keep reading, babes!

One Step Pimple / Original Clear Pad dari COSRX 

Tentang COSRX


COSRX merupakan brand dari negara Korea. Sebagai salah satu skincare addict, gak bisa dipungkiri, skincare Korea merupakan salah satu yang wajib dicoba, karena produknya yang bagus dan harganya cenderung lebih terjangkau. COSRX sendiri merupakan singkatan dari Cosmetics RX (Prescription atau Resep). Dari namanya, kita bisa menduga bahwa brand ini mengusung penggunaan skincare sesuai dengan "resep" atau kebutuhan penggunanya. 

Jadi, mereka tidak memberikan embel-embel seperti "produk ini dapat memutihkan dalam sekejap". Tidak gengs. Yang mereka buat adalah produk - produk dengan mengedepankan bahan bahan aktif serta menuliskannya dalam judul produknya. Oleh karena itu pula, mereka mengubah nama dari "one step pimple clear pad" menjadi "one step original clear pad" , agar mencegah asumsi bahwa produk ini PASTI dapat menghilangkan jerawat. Selain itu, COSRX menekankan bahwa dalam satu skincare, tidak boleh ada lebih dari 15 kandungan sehingga skincare tersebut dapat lebih efektif. 

Oke, selanjutnya kita bahas mengenai produknya ya, yaitu One Step Pimple / Original Clear Pad 💕


Kemasan / Packaging


Ketika kita melihat kemasannya, akan muncul kesan "cute" dan enerjik, karena adanya logo Mr. RX yang sedang menari di bagian tutup produk. Ikon dari Mr. RX ini sangat unik, sehingga saat melihatnya, kalian akan tahu bahwa itu adalah Mr. RX dari brand COSRX. 

Sebenarnya, produk ini datang dengan packaging dus di luarnya, namun karena aku memiliki produk ini sudah cukup lama (hampir 6 bulan), jadi dus nya sudah tidak diketahui beradaannya.. Mianhae.. 😂😂 

Tapi aku ingat, di dus nya tertera gambar yang sama dengan kemasan tutup di tube produknya, dan juga informasi dasar seperti ingredients dan expired date, dan beberapa tulisan dalam bahasa Korea.

Untuk desainnya, baik desain tube maupun desain dus, semuanya simple dengan 1 tema warna. Untuk seri acne, tema warnanya adalah merah. Dengan desain yang simple, konon katanya perusahaan dapat menekan harga desain untuk produksinya, sehingga harga jualnya pun bisa menjadi lebih murah. Keren kan girls!

Bagian Samping dari Tube

Kemasan tube nya sendiri terbuat dari bahan plastik berwarna putih dengan lapisan glossy, sehingga cukup mengkilat seperti foto di atas. Sementara bagian tutup tube (yang terdapat gambar Mr. RX) memiliki lapisan doff yang halus.

Jika kalian ingin pergi travelling, bawalah beserta packaging tube / jar nya. Aku tidak menyarankan kalian memindahkan ke tempat lain, karena pasti kesterilan produk tidak terjamin. Karena itu, produk ini memang sedikit kurang travel - friendly. Namun, untuk kualitasnya yang menakjubkan, produk ini menurutku masih worth to buy.

Saat kita membuka kemasan, ada 1 lapisan segel penutup berupa plastik untuk menjaganya tetap steril. Setelah plastik tersebut dibuka, barulah kita dapat melihat produknya. Di dalam tube berbentuk jar besar ini, terdapat 70 buah kapas (pads) yang sudah mengandung bahan - bahan aktif yang efektif sebanyak 135ml dalam total (penjelasan lebih lanjut mengenai komposisinya, ada di bagian kandungan / ingredients) .

Bagian Dalam Tube

Di bagian bawah kemasan, tertera pula expired date dari produk ini. Namun saran dari aku, sebaiknya setelah dibuka, pakai secara rutin agar cepat habis. Kenapa? Setelah dibuka, udara masuk ke tube jar sehingga pasti tingkat kesterilan produk berkurang. Karena itu, segera habiskan produk ini dengan pemakaian rutin. Jika menggunakan produk ini seminggu sekali, jadi akan habis dalam 70 minggu atau sekitar 1 tahun 4 bulan setelah pertama kali dibuka. Jika dua kali seminggu, maka akan habis sekitar 8 bulan. Sangat irit kan? 

Kandungan / Ingredients


Untuk kandungan dalam produk ini, ada 14 yaitu Salix Alba (Willow) Bark Water, Butylene Glycol, Glycerin, Betaine Salicylate, 1,2-Hexanediol, Panthenol, Allantoin, Arginine, PEG-60 H Castor Oil, Sodium Hyaluronate, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Peel Oil, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Ethyl Hexanediol, dan Sodium Hydroxide.

Salix Alba (Willow) Bark Water sendiri merupakan ekstrak pohon White Willow yang terkenal sebagai natural BHA (Beta Hydroxy Acid) yang merupakan kandungan untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati atau eksfoliasi secara kimiawi / chemical exfoliation. Selain itu, Betaine Salicylate juga mengandung BHA sehingga produk ini sangat cocok buat kalian yang ingin melakukan chemical exfoliation.

Eits, tunggu dulu! Selain chemical exfoliation, produk ini sekaligus merupakan physical exfoliation loh girls! Keep reading yaasshh 😍 

Kandungan Orange Peel Oil dan Tea Tree Leaf Oil dipercaya dapat membantu membersihkan (purify) kulit serta menenangkannya (soothe). Jadi dalam 1 produk ini, kandungannya gak main - main kerennya 😍 

Produk dan Cara Pakai


Dalam 1 kapas / pads, terdapat dua sisi. Sisi yang pertama seperti pada gambar di bawah, merupakan sisi yang memiliki bantalan - bantalan kecil atau mudahnya, memiliki tekstur alias tidak rata. Sisi  kapas yang ini lah yang pertama kali digunakan. Cara pemakaiannya adalah, usapkan pada seluruh kulit wajah dengan gerakan memutar / circular motion ke arah luar wajah. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa cek video nya di IGTV ku berikut (klik!)

Karena memiliki sisi yang bertekstur, sisi ini bisa kita sebut sebagai physical exfoliation, yaitu eksfoliasi / pengangkatan sel kulit mati menggunakan suatu bentuk fisik yang tidak rata atau halus. Contoh physical exfoliation sederhana lainnya adalah scrub.

Sisi Kapas yang Bertekstur yang digunakan Pertama

Setelah selesai dan merasa kulit sudah bersih, jangan buang kapasnya! Balik kapas, dan gunakan sisi kapas yang kedua, yaitu sisi kapas yang polos / halus / rata tanpa tekstur (lihat gambar di bawah). Sisi kapas ini akan membantu kita untuk membersihkan sisa sel kulit mati yang baru saja "dikupas" oleh sisi pertama tadi. Biasanya, pada sisi ini akan terlihat lebih kotor karena sel kulit mati yang terangkat. Cara pakainya hampir sama dengan sisi pertama. Boleh hanya diulas saja, boleh juga dengan menggunakan gerakan memutar / circular motion

Sisi Kapas yang Polos / Rata yang digunakan Setelah yang Pertama

Produk ini bukanlah kapas kering, melainkan kapas basah yang sudah mengandung bahan bahan yang telah aku sebutkan sebelumnya. Karena itulah, kapas ini disebut sebagai toner, dan karena mengandung bahan untuk eksfoliasi, produk ini disebut sebagai exfoliate toner. Sebaiknya kapas yang telah dikeluarkan segera dipakai ya girls!

Also read : Review Cosrx One Step Original Clear Pad by Ayu Damayanthi

Saran Pemakaian 


Pastikan wajah kalian telah bersih sebelumnya. Biasanya, aku memakai Micellar Water kemudian sabun pembersih wajah. Setelah itu, kalian bisa memakai produk ini. Segera pakai kapas yang sudah dikeluarkan dari tempatnya, dan segera tutup rapat tube / jar nya untuk menjaga kesterilan produk.

Untuk cara pakai, baca bagian "cara pakai" di atas yaa 😁

Aku sarankan kalian memakainya malam hari, karena double exfoliation seperti ini akan membuat kulit lebih sensitif setelahnya. Jika melakukannya pagi / siang hari, kemungkinan akan menimbulkan bruntusan ataupun jerawat baru, apalagi jika tidak dilindungi dengan sunscreen. Jadi menurutku (dan sesuai pengalamanku), sebaiknya dipakai malam hari saja girls 😗

Selain itu, untuk kulit sensitif sepertiku, sebaiknya kalian memakainya 2 hari atau 3 hari sekali saja, paling banyak seminggu 3 kali namun berselang dengan toner lain yang tidak mengandung exfoliationOver exfoliate dapat menyebabkan kulit kalian lebih tipis dan lebih sensitif dari sebelumnya.

🔺 🔺 Efek Setelah Pemakaian 🔺 🔺


Jika kalian merasa kulit kalian panas atau gatal, hentikan pemakaian sebentar, kemudian coba kembali dengan tidak terlalu menekan kapas. Efek ini dapat muncul jika kalian belum pernah melakukan eksfoliasi sama sekali, atau jika kalian jarang melakukan eksfoliasi. Kemungkinan kulit kalian masih mencoba untuk menyesuaikan.

Pertama kali memakai produk ini, kulitku pun terasa seperti itu, namun kedua kali dan seterusnya, sudah tidak terasa seperti itu. Sebaliknya, kulit terasa lembab dan kenyal setelahnya, dan membantu menghilangkan bruntusan di kulitku.

Produk ini juga dapat menyamarkan bekas jerawat jika rutin dipakai. Aku tidak punya foto before - afternya, tapi kulitku jauh terasa lebih baik dibandingkan sebelum memakai produk ini.

Yang aku rasakan setelah memakai produk ini adalah minyak di kulitku terasa berkurang, kulit terasa bersih tapi tidak kering, kulit pun terasa kenyal dan lembut serta lembab, suka banget deh pokoknya!!

Harga dan Tempat Pembelian


Dulu, aku membeli produk ini di website StyleKorean, karena COSRX belum tersedia secara resmi di Indonesia. Namun sekarang, aku senang banget karena SOCIOLLA (click) sudah menyediakan produk produk COSRX ! Yeaayy! Tentunya, sekarang COSRX juga sudah memiliki nomor POM!

Nah untuk harga, kalian bisa cek harga terbarunya disini (klik). Harganya berkisar antara 250 sampai 300 ribu, tapi kalian bisa dapat diskon 50.000 looh! Pakai kode : SBNLAL2D saat checkout di Sociolla, jadi kalian otomatis akan dapat diskon 50.000 untuk setiap pembelanjaan minimal 250.000 (harga normal non diskon)! Such a big deal, right? 😍

Kesimpulan


+  Produk cukup terjangkau (bisa dipakai hingga 9 bulan!)
+ Kualitas bagus: dapat membersihkan wajah, melembabkan, membantu menyamarkan bekas jerawat, membantu menghilangkan bruntusan
+   Mudah didapatkan (bisa beli di Sociolla tanpa harus keluar rumah!)

-   Kurang travel friendly
-  Perlu hati hati saat memakainya, terutama untuk kulit sensitif (baca efek pemakaian sampai selesai yah!)

Repurchased? OF COURSE YES!

Rate : 4.5 of 5



click to go to Sociolla


You May Also Like

38 komentar

  1. mungkin ini bisa jadi wish listku selanjutnya karna kulitku berminyak dan mudah bruntusan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah cocok banget buat kondisi kulit kakak! cuuus cobaiin, jangan lupa beli di sociollanya pake kode SBNLAL2D yaak wkwkwk

      Delete
  2. Belum pernah pakai produk dari brand ini. Jadi penasaran pengin cobain jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuuus cobaiin, COSRX bagus kookk.. jangan lupa beli di sociollanya pake kode SBNLAL2D yaak wkwkwk

      Delete
  3. Ini racun beb, racun bgt! Aku tergoda 💖

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuuus cobaiin teeh.. jangan lupa beli di sociollanya pake kode SBNLAL2D yaak wkwkwk

      Delete
  4. belum nyobain iniiii huhuhuhu, tapi banyak yg review positif ya, jadi pensaraaaaaan <3


    Stay Fab!
    Demia from Kembanggularoom

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuuus cobaiin iih teeh, bagus looh.. terus jangan lupaa beli di sociollanya pake kode SBNLAL2D yaak wkwkwk

      Delete
  5. Lucu bangett packagingnyaa... 😍😍😍 ternyata kegunaannya juga lumayan yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa packagingnya ucuull :3 tp kurang travel friendly sih yaa hikss

      Delete
  6. Maauuuuuu.. si om gemes bgt itu dipackaging, minta bgt dibeli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. WKWKWK om gemeezz XD cuuus cobaiin iih, jangan lupa beli di sociollanya pake kode SBNLAL2D yaak wkwkwk

      Delete
  7. Ntah kenapa aku juga suka skincare dri korea deh

    ReplyDelete
  8. Physical dan chemical exfoliation keren deh produk ini

    ReplyDelete
  9. pengen ih cobain produk ini tapi harus nabung dulu kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk yuk nabuung hihii, eh iyaa jangan lupa beli di sociollanya pake kode SBNLAL2D yaak wkwkwk.. mayan diskon 50k kaan XD

      Delete
  10. Pengen coba juga ah beb haha dari kapan tau pengen coba tapi ga jadi mulu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ih jadiin dong taam! daan jangan lupa beli di sociollanya pake kode SBNLAL2D yaak wkwkwk

      Delete
  11. Cosrx memang oke. Kebanyakan aku pake produk cosrx tp yang pad ini belum pernah coba hehe..nanti deh aku coba pakai

    ReplyDelete
  12. Ini hampir seperti Neogen ya ngga sih? Neogen yang exfoliator itu? Ah jadi pengen nyobain deh si cosrx ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes betul bgt kak niaa! aku blm pernah cb yg neogen siih soalnya ini aja blm habis2 wkwkwkkw

      Delete
  13. Duhh pengen coba ini makkk, kata rang orang bags banget :(

    ReplyDelete
  14. Baru tahu nih ada kapas ajaib, tfs ya salam kenal

    ReplyDelete
  15. Replies
    1. cuuus cobaiin cii, jangan lupa beli di sociollanya pake kode SBNLAL2D yaak wkwkwk

      Delete
  16. Aku udah lama pengen banget beli exfoliating pads dari si cosrx ini, apalagi emang terkenal bisa ngilangin beruntusan ya.. cuma maju mundur terus mau beli hahaha tapi kayak nya aku bakalan coba waktu exfoliating pads dari neogenku udah abis :)

    Anyway, salam kenal, kak Widya!
    Do you mind following me back? Thanks before! :D
    http://www.reveriends.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku blm pernah cb neogen sih, ini aja cosrx nya ga habis2 kak wkwkwk

      oke siaap aku follback ya ^^

      Delete
  17. AKu setuju bangeeet, ini tu kapas mejik banget :))))

    ReplyDelete
  18. Eh beneran aman untuk kulit sensitif? Jadi pengen cobain haha,bakal masuk wishlist selanjutnya deh,kemarin emang udah penasaran pengen cobain tp endingnya malah beli cosrx yg aha bha karna aku baru pertama kali mau cobain exfo toner sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman kok asal jangan terlalu sering pakenya, dan jangan terlalu ditekan kalau emang sangat sensitif. Aku juga sempet pake aha-bha toner, itu juga bagus tapi hasilnya ga langsung keliatan, dan lebih efektif buat komedo sih yang aha bha :D

      Delete