Tips Membeli Cincin Pernikahan

by - Saturday, November 16, 2019


Cincin Nikah Murah Halal di Bandung


Heyyoo, geengs.. Apa kabar niih? Semoga semuanya sehat-sehat yaa.. Kali ini, aku mau share sesuai judul yang udah kalian baca.

Membeli Cincin Pernikahan tentu bukan perkara sepele, karena harapannya, ini adalah pertama dan terakhir kali kita membeli cincin nikah, benar kan?

Aku sendiri memang belum menikah, tapi sudah mulai mencari cincin pernikahan halal untuk pria muslim, karena agamaku Islam dan calon suamiku tentunya ingin memakai cincin pernikahan yang berbahan dasar logam yang halal.

Aku akan share tips nya nih, walau sebenarnya tips ini bisa diterapkan untuk setiap pasangan, tanpa melihat apa agamanya. 

1. Cek Bahan Dasar Cincin


Seperti yang aku sebutkan sebelumnya, jika kalian pasangan Muslim, maka mungkin kalian menghindari bahan emas untuk cincin pria, namun tetap ingin memilih emas untuk cincin wanita. Kalian bisa membeli secara terpisah (misalnya cincin pria di toko A lalu cincin wanita di toko B). Agak repot sih, tapi itu adalah salah satu option. Cek tips berikutnya untuk option lainnya ya XD

2. Cek Bahan Tambahan pada Cincin


Nilai sebuah cincin akan lebih tinggi saat memiliki "mata", terutama untuk cincin wanita. Bahan dari "mata" ini bermacam-macam. Ada Swarovski, American Diamond, Pure Diamond, dan lain-lain. Biasanya, semakin berat / besar "mata" cincin, maka harganya akan semakin mahal. Perbedaan material pun bisa membuat harga cincin yang berbeda.

Biasanya, harga Swarovski akan lebih murah daripada American Diamond, namun American Diamond akan terlihat lebih mewah dan juga lebih awet karena tidak mudah tergores. Sementara pure diamond tentunya berada di level yang berbeda, karena harganya lebih mahal namun bisa menjadi investasi jangka panjang.

Disini lah kalian bisa menimbang-nimbang akan membeli cincin yang seperti apa. Apakah kalian ingin memiliki cincin sekalian berinvestasi, yang sewaktu-waktu mungkin perlu kalian jual saat hidup merana? *eh tapi jangan merana ding wkwk* Atau ingin cincin yang terlihat mewah dan awet tapi harganya masih terjangkau? Atau cukup cincin sederhana yang hanya sebagai simbol?


3. Survei Toko Perhiasan


Jangan terpaku pada satu toko perhiasan, karena bisa jadi terdapat selisih harga yang lumayan untuk menambah biaya katering *uhuk* 

Eh tapi gak selalu harga murah bisa jadi patokan loh.. Kalian juga perlu cek fasilitas apa yang diberikan toko tersebut. Bisa jadi ada 2 toko yang harganya berbeda sedikit, tapi ternyata fasilitas toko A lebih baik daripada toko B meskipun harganya sedikit lebih mahal.

Selain membandingkan harga, kalian juga bisa membandingkan model cincin di tiap toko, cari yang benar-benar kalian suka, karena sekali lagi, harapannya cincin ini cuma beli 1 kali, kan? :D

Tentunya akan lebih menyenangkan lagi kalau bisa membeli cincin custom yang modelnya sesuai dengan keinginan kita.


Nah, dari ketiga tips yang tadi aku sebutkan, aku sendiri akhirnya memilih untuk membeli cincin di Spilla Jewelry cabang Bandung. Letaknya ada di dalam mall Bandung Indah Plaza (BIP), lantai 1, tepatnya di L1-55 dekat Giggle Box. Ada beberapa alasan sederhana kenapa aku memilih Spilla.


Pertama, banyak pilihan bahan. Ada perak / silver, emas, Palladium, dan Titanium. Buat yang belum tahu, palladium dan titanium adalah pilihan yang baik untuk cincin pria muslim. Bahannya 100% non emas jadi halal, namun awet seperti emas (tidak mudah menghitam. Untuk silver memang kekurangannya adalah lebih cepat menghitam jika dipakai terus-terusan dan juga terkena air, namun harganya lebih murah dan waktu pengerjaan (jika custom) lebih cepat.

Aku sendiri lebih suka Palladium karena harganya lebih murah dari emas, namun halal untuk pria, dan juga "ketahanan" nya hampir sama dengan emas. Gak khawatir gampang menghitam. Untuk Titanium, bisa lebih awet lagi, tapi harganya sedikit lebih mahal sih XD

Oh ya, di Spilla bisa mix bahan loh, misalnya mau silver campur emas, atau palladium campur emas, supaya cincinnya lebih unik dan menarik, dan lebih personal aja gitu kan..


Alasan kedua, di Spilla modelnya banyak pilihan nih, lalu bisa custom pula! Kita cukup bawa model yang kita mau dalam bentuk contoh foto / gambar, nanti bisa dibikinkan deeh.. Namun untuk custom, memang waktunya cukup lama. Untuk yang bahan perak / silver, selesai dalam waktu 3 minggu, sementara untuk emas dan palladium adalah 3 bulan. 

Karena itu, lebih baik persiapkan sejak lama untuk cincin pernikahan, terutama jika kalian mau memakai bahan Palladium atau emas.

Ketiga, Spilla menawarkan fasilitas garansi yang sangat menarik, yaitu RRB. Apaan tuh?

R - Resize , gratis mengubah ukuran cincin (seandainya jari kalian menggendut atau mengurus wkwk)
R - Repair , gratis membersihkan cincin yang kusam atau memperbaiki cincin yang rusak
B - Buyback, bisa dibeli kembali oleh pihak Spilla (amit-amitnya kalian gak jadi nikah, seenggaknya bisa balik uang gitu gengs tapi yaa jangan sampai yaa)

Oh ya, garansi ini berlaku 3 bulan untuk cincin silver, dan 6 bulan untuk cincin palladium dan emas. Selain itu, ada juga free laser engraving alias gratis grafir / ukir nama di bagian dalam cincin. Praktis, kaaann..

Eh gak itu doang, ada free box juga looh..! Di bagian dalam box ada plat yang bisa di custom untuk tulisannya, seperti contoh foto di bawah ini. Asyik banget kaan.. Jadi lebih personalize gituu..


Terakhir, harganya sesuai budget aku banget! Gak terlalu mahal dan memiliki beberapa kelebihan dibanding toko lain, seperti pada 3 alasan sebelumnya. Oh ya, harganya itu masih "estimasi", karena akan disesuaikan dengan berat cincin akhir. Jadi, sebenarnya gak ada harga fix nya gitu, bisa kurang atau lebih dari estimasi. Kalau kurang, uang akan dikembalikan, dan kalau lebih dari estimasi, ya tinggal tambah aja XD



So, itu tadi sedikit sharing aku, semoga bermanfaat yaa.. Buat yang mau kepoin lebih jauh tentang Spilla, bisa banget mampir ke websitenya (klik!) atau ke instagramnya @spillajewelry , atau @spilla.bandung untuk store Bandung nya.. See you on my next post, geengss!




You May Also Like

14 komentar

  1. cincin pilihan kamu beda yaaa :) bagus ih, aku pengen juga hahahaa duh spilla mah desainnya cakep2

    ReplyDelete
  2. aku pengen kasih hadiah cincin palladium buat suami soalnya cincin kawinnya yang bahan emas sudah dijual hahahah... noted nih mba pesen di Spilla

    ReplyDelete
  3. Cantik banget desain cincinnya, say. Fasilitasnya membantu sekali, ya. Moga niat baiknya dimudahkan dan dilancarkan hingga ke pelaminan dan sakinah mawaddah warrahmah selalu, ya

    ReplyDelete
  4. kok mursidaaaaa??? aku suka liat liat toko emas di mal buat cincin nikah impian harganya berkali-kali lipat dr ini!!

    ReplyDelete
  5. Referensi buat yang masih single nih wkwk
    Spilla ini udah ada di beberapa kota? Recommended banget buat cari cincin couple yang halal, apalagi da garansinya.

    ReplyDelete
  6. Baca ini jadi inget waktu dulu cari cincin nikah, susah survey ke mana2 tapi untung dapet juga hehe

    ReplyDelete
  7. Asekk jadi nanti kalo uda mau serius, uda tau ya beli cincinnya di mana say 🤭

    ReplyDelete
  8. Aduh jadi inget 9 tahun lalu waktu beli cincin kawin sama suami, karena dia menyerahkan semuanya sama aku jadilah aku galau dulu itu. Tapi cincinnya kita custom untuk modelnya.

    ReplyDelete
  9. Ternyata sedetail itu ya memikirman cicin pernikahan. Aku ga sampai segitu pemikirannya. Nice info Kaka, makasih ya.

    ReplyDelete
  10. enak yaaa kalau bs costum, bs milih model sesuai keinginan. gak polosan. apalagi ada garansi resize, cincin saya ajah udah gak muat. huhu

    ReplyDelete
  11. Huwa pengen banget aku, kalo beli cincin gini sekalian mereka mau perawatan pembersihannya. Pasti menyenangkan ya Mba Wid. Aduh, jadi ingat cicin nikahan yang udah dua tahun belum aku bersihkan wkwkwk

    ReplyDelete
  12. Aku dulu belinya berdua mba dengan calon suami waktu itu hehehe.. dan mwmang banyak yang harus kita perhatikan

    ReplyDelete
  13. Investasi terbaik memang perhiasan yaa..
    Tapi sebaik-baik investasi memang emas. Hihhi~
    Bener-bener, semoga rejeki lancar terus.

    ReplyDelete
  14. Wah ada palladium ya mba yang busa dipake untuk pria. Chcok banget ini aku kasih tahu adikku yang mau nikah ah

    ReplyDelete

Total Pageviews