Cara Praktis Bebas Anyang-anyangan

by - Sunday, October 06, 2019

Heyyooo geengs! Kali ini aku mau membahas hal penting mengenai health. Apakah kalian suka merasa sakit saat buang air kecil? Hati-hati, karena bisa jadi itu adalah anyang-anyangan. Anyang-anyangan sendiri merupakan gejala Infeksi Saluran Kemih / Kencing atau yang biasa disingkat ISK. Aku sendiri terkadang merasakan anyang-anyangan ini di area bawah perut :(

image source : bobo.grid.id

Secara sederhana, Infeksi Saluran Kemih (ISK) merupakan infeksi pada area saluran kemih. Infeksi ini umumnya disebabkan oleh bakteri, dan jika tidak segera diatasi, dapat menyebabkan infeksi yang lebih parah yang disebut infeksi ginjal. Duh, jangan sampai deeh yaa..

ISK bisa dialami baik oleh perempuan maupun laki-laki. Meskipun memang lebih banyak terjadi pada perempuan sih.. Beberapa gejala yang umumnya terasa jika terkena ISK di antaranya adalah :
⏩ Rasa nyeri ketika buang air kecil
⏩ Terasa ingin buang air keci, tapi tidak keluar / keluar hanya sedikit
⏩ Warna air kencing keruh
⏩ Nyeri di daerah atas tulang punggung atau di atas tulang kemaluan

Kalau kalian mulai merasakan lebih dari satu gejala di atas, sebaiknya segera periksa ke dokter, deh.. Dari pada terlanjur parah sampai infeksi ginjal kan lebih serem yaa..

Namun kalau kalian belum merasakan gejala tadi, atau mungkin hanya kadang-kadang terasa tapi kadang tidak, sebaiknya kalian mulai melakukan penanggulangan dan mulai concern terhadap kesehatan saluran kemih / kencing kalian. Ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan saluran kemih dan/atau mencegah ISK, yaitu :

💦 Minum air putih secukupnya

Sering kali terlupakan oleh kita bahwa sangat penting untuk minum air putih dengan jumlah yang cukup. Pasti kalian lebih sering minum boba daripada minum air putih kan? Duuh harus mulai sering minum air putih deh gengs!

Jumlah minimal kebutuhan air putih per hari untuk setiap orang berbeda-beda, biasanya tergantung dari berat badan. Rumus sederhana yang biasa diterapkan adalah :


Berat badan x 30 = jumlah air minimal (dalam mL)

Jadi, misalnya berat badan kalian 50 kg, maka minimal kalian harus minum air putih sebanyak 50 x 30 = 1500 mL, atau 1,5 liter. Tentunya akan lebih baik jika lebih dari batas minimal tersebut.

💦 Tidak menahan-nahan jika ingin buang air kecil

"Duh, kebelet pipis, tapi tanggung ah, bentar lagi deh"

Mungkin kalimat tersebut tidak asing bagi kalian. Ya, kebiasaan menunda buang air kecil sepertinya pernah dilakukan oleh semua orang. Sayangnya, hal tersebut bukanlah hal yang baik. Sebaiknya, segera ke toilet saat sudah terasa ingin buang air kecil. Buang air kecil adalah salah satu cara bagi tubuh kita untuk membuang kotoran dan bakteri yang terdapat di kantung dan saluran kemih kita.

💦 Arah bilas yang tepat

Setelah buang air, sebaiknya membilas dari arah depan ke belakang, dan bukan sebaliknya. Namun kebanyakan toilet umum di mall memakai sistem "pembilasan" dari arah belakang ke depan. Jika memungkinkan, hindari toilet ini dan cari toilet yang menyediakan shower bilas. Jika tidak bisa dihindari, maka segeralah cuci area kemaluan setelah sampai rumah.

Pembilasan dari arah belakang ke depan dapat menyebabkan bakteri yang terdapat di anus "tersebar" ke area kemaluan, jadi sebaiknya berhati-hati ya!

💦 Memperhatikan sirkulasi udara pada area kemaluan

Nah, poin ini juga sering dilupakan. Kadang secara tidak sadar, kita memakai pakaian dalam yang lembab, atau memakai pakaian yang terlalu ketat, sehingga sirkulasi udara menjadi kurang baik. Pakaian dalam yang lembab juga bisa menyebabkan bakteri berkembang biak dan dapat menyebabkan ISK.

Sebaiknya, kita menjaga agar pakaian dalam tidak lembab, dan juga memakai pakaian dalam dengan bahan yang dapat mengalirkan sirkulasi udara yang baik. Pakaian yang terlalu ketat juga sebaiknya dihindari ya gengs..

💦 Mengkonsumsi suplemen yang dapat menjaga kesehatan saluran kemih

Selain merawat dari luar, jangan lupa juga untuk merawat dari dalam. Mengkonsumsi suplemen atau vitamin yang mengandung kandungan khusus dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan saluran kemih kita.



Salah satu yang aku konsumsi sendiri adalah Prive Uri-Cran. Prive Uri-Cran merupakan produk yang dikeluarkan oleh Combiphar, dan merupakan produk yang mengandung ekstrak Cranberry pertama di Indonesia yang efektif mencegah infeksi saluran kemih.

Cranberry sendiri dipercaya mengandung vitamin C dengan kadar yang tinggi, serta mengandung anti oksidan yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit, termasuk ISK. Secara khusus, Cranberry mengandung proanthocyanidins yang dapat melawan bakteri penyebab ISK dan mencegah bakteri tersebut "menempel" pada dinding saluran kemih. Selain itu, Cranberry juga bisa membantu mempercantik kulit kita looh.. Jadi sekali minum, dua-tiga pulau terlampaui 😂

Oh ya, Prive Uri-Cran hadir dalam 2 bentuk, yaitu bentuk bubuk dan bentuk kapsul. Untuk Uri-Cran kapsul, kalian cukup mengkonsumsinya 1 kapsul per hari. Praktis banget sih, karena tinggal ditelan saja. Hampir tidak ada rasanya (karena langsung ditelan juga sih XD). Cocok buat kalian yang gak suka rasa asam dari buah Cranberry.



1 Box berisi 3 sheets, yang masing2 terdiri dari 10 kapsul. Jadi, total dalam 1 box terdapat 30 kapsul. Kalau kalian mau cobain, bisa langsung cek link Lazada nya disini (klik!). Atau kalian juga bisa beli di offline store dan minimarket terdekat.



Nah, kalau aku pribadi sih lebih suka yang bentuknya bubuk, soalnya ada rasa asam-asamnya dari buah Cranberry nya gitu 😂 1 box berisi 15 sachet kecil seperti foto di atas, dan 1 hari cukup mengkonsumsi 1 sachet saja. 



Kalian cukup melarutkan bubuk ini dalam 300 ml air putih, atau 400 ml jika kalian gak terlalu suka rasa asam. Kalau bisa jangan pakai air panas yaa karena takutnya vitaminnya malah hilang 🙈

Awalnya bubuknya berwarna pink pastel, setelah dilarutkan, warnanya menjadi pink gitu, khas buah cranberry banget.

Menurutku enak sih, apalagi kalau ditambahkan es / air dingin, jadi seger gitu XD Kalau kalian mau cobain yang veris bubuk ini, bisa langsung cek link Lazada nya disini (klik!). Atau kalian juga bisa beli di offline store dan minimarket terdekat.



Setelah mengkonsumsi Prive Uri-cran selama seminggu terakhir, aku tidak lagi merasa anyang-anyangan atau merasa sakit di area perut bawah. Sekarang aku bisa bebas dari anyang-anyangan dan kembali aktif beraktifitas, deh! Yuk cobain Prive Uri-Cran sekarang ^^


Cek juga :
Instagram Uricran @uricran.id (klik!) 

You May Also Like

0 komentar