[Experience] Apa itu Fintech? Workshop Finansial Teknologi #Fintektok6 [Bahasa Indonesia]

by - Thursday, March 21, 2019

Di Era yang Serba Digital, Siapkah Kalian dengan Perubahan Bentuk Finansial?

Heyyoo again, gengs! Kalian tau gak sih istilah Fintech? Fintech adalah singkatan Financial Technology, yang merujuk pada pengertian bentuk finansial yang dipadukan dengan teknologi masa kini. Tentunya kalian sudah mengetahui tentang pembayaran cashless seperti OVO, Go-Pay, Dana, dll. Itu adalah contoh bentuk fintech. Lebih sederhananya, segala bentuk teknologi yang berhubungan dengan finansial dapat disebut fintech.

Beruntung sekali, pada hari Selasa, 19 Maret 2019, aku diundang untuk menghadiri workshop yang diadakan oleh Fintektok di Universitas Langlangbuana, Bandung. Disana turut hadir perwakilan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo), perwakilan Fintektok, CEO dan perwakilan dari Modal Antara, serta perwakilan dari Narada Aset Manajemen.

Bapak Luat Sihombing

Fintech sendiri mulai berkembang pesat di Indonesia pada tahun 2016, berdasarkan penjelasan Bapak Luat Sihombing dari Kemenkominfo. Penggunaan internet terbesar di Indonesia digunakan untuk berselancar di media sosial dan juga penggunaan e-commerce. Tidak heran, karena begitu banyak kemudahan yang didapatkan dari berbelanja online, benar gak girls? 😂 Sstt, berdasarkan data, 68% dari wanita berusia 18 - 24 tahun menggunakan e-money (termasuk cashless method, e-banking, dll) untuk online shopping. Hayooh ngaku siapa yang termasuk? *angkat tangan sendiri*

Dari data ini, maka muncullah fintech yang tidak hanya bergerak di bidang pembayaran langsung, ada pula fintech lending alias fintech yang meminjamkan sejumlah uang agar kalian bisa memakainya terlebih dahulu. Nah loh, siapa yang hobi ngutang ke temennya tapi gak bayar-bayar? 😂 

Disini lah kita perlu berhati-hati, karena dimana ada kesempatan, disitu ada kejahatan. Ada banyak perusahaan peminjaman uang bodong, atau lebih kerennya adalah rentenir online. Modusnya rata-rata sama, yakni memberikan iming-iming kemudahan pencairan uang pinjaman, tanpa syarat aneh-aneh. Tapi bunganya, e buseett bisa sampai 300% looh! Makanya kalian harus hati-hati! Sampai artikel ini dibuat, hanya ada 99 fintech lending yang sudah terdaftar di OJK. Apa saja tuh?


Bapak Dana Karseno
Kalian bisa langsung cek di Fintektok.id untuk melihat 99 fintech lending yang sudah terdaftar di OJK. Kalau saat ini kalian terlanjur meminjam uang lewat situs online yang belum ada namanya disana, mending kalian buru-buru selesaikan hutangnya deh.. Serem cuy! Mending yang aman-aman aja deehh..

Nah, untungnya ada CEO Modal Antara yaitu Bapak Dana Karseno yang langsung memberikan penjelasan mengenai hal yang perlu diketahui mengenai fintech, yaitu :

1. Apakah fintech tersebut resmi atau abal-abal : caranya seperti yang aku sebutkan sebelumnya, kalian harus cek apakah fintech tersebut terdaftar secara resmi atau tidak. Untuk fintech lending, harus terdaftar di OJK, sementara untuk fintech yang berhubungan dengan payment harus terdaftar di BI (Bank Indonesia).

2. Proses fintech mendapatkan predikat resmi :  prosesnya sangat panjang, bisa sampai 2 tahun. OJK saat ini memperketat perijinan, dan menentukan batas bunga tertinggi yang diperbolehkan. Karena itu, jika kalian mau meminjam uang di situs online tapi bunganya sangat tinggi, bisa dipastikan itu adalah fintech abal-abal.

3. Ada berbagai jenis fintech, di antaranya pinjaman online peer-to-peer (dari peminjam ke pemodal) misalnya Modal Antara; ada pula fintech payment & settlement seperti Go-Pay, Ovo, dll.

4. Pinjaman online memiliki target untuk orang-orang unbank; yaitu orang yang tidak memiliki rekening bank (sehingga tidak bisa meminjam uang lewat bank), dan juga orang yang memiliki rekening bank namun saldonya stagnan (tetap, tidak bertambah).

5. Pinjaman online dapat membantu masyarakat, karena ada banyak masyarakat unbank, misalnya para petani yang terbiasa melakukan transaksi cash, atau UKM yang hanya memiliki sedikit modal.

6. Jenis-jenis pinjaman online, berdasarkan kebutuhan peminjam, di antaranya kebutuhan konsumtif, multiguna / KTA, modal kerja, pendidikan, dll. Oh ya, buat kalian yang masih kuliah, kalian juga bisa meminjam dana untuk pendidikan looh, ada fintech lending yang bergerak khusus di bidang pendidikan, yaitu Danadidik.

7. Biaya - biaya dalam pinjaman online; jadi ternyata bukan sekedar bunga nya yang perlu diperhatikan. Ada juga biaya provisi, biaya transfer antar bank, dll. Nah loh, sebelum pinjam uangnya, pastikan kalian pelajari dengan baik yaah!

8. Resiko peminjaman online. Nah, resiko ini juga perlu kalian ketahui; jika ada bunga tinggi, atau penagihan yang tidak manusiawi, atau penyalahgunaan data pribadi, lebih baik kalian menghindarinya. Tapi tenang saja, yang sudah terdaftar di OJK sih seharusnya aman dari hal-hal menyeramkan ini.

9. Istilah dalam pinjaman online, misalnya toner, plafon, bunga, bagi hasil (untuk yang syariah), denda, dan istilah - istilah lainnya.

Setelah penjelasan umum mengenai fintech dan juga fintech lending, sampailah pada pembahasan Modal Antara itu sendiri. Modal Antara merupakan perusahaan fintech peer-to-peer (P2P) lending yang mempertemukan peminjam dan pemodal. Tenang saja, Modal Antara sudah terdaftar di OJK, kok!

Pinjaman yang terdapat di Modal Antara terbagi menjadi 2 jenis, yaitu pinjaman personal dan pinjaman usaha. Kalian bisa coba main ke link ini (klik!). Sayangnya, sampai sekarang yang dapat meminjam di Modal Antara adalah pegawai, jadi para mahasiswa/i seperti saya belum boleh meminjam. Ya bagus juga sih, daripada gak bisa bayar ya kan 😂

Setelah penjelasan mengenai Modal Antara, ada juga penjelasan dari Narada Aset Manajemen mengenai investasi. Investasi tidak sekadar dalam bentuk main saham kok, ada juga reksadana yang bisa kita ikuti mulai dari Rp. 100.000 per bulan! Nah kalau ini, aku bisa cobain mulai dari sekarang, daripada duit kita termakan inflasi 😁 Langsung aja coba cek di website mereka (klik!) buat cek lebih lanjut!

Pemenang hadiah hiburan
Sebelum acara ditutup, ada bagi-bagi hadiah dari Narada! Aku lagi beruntung nih, dapat 1 buah payung lipat dari Narada, karena follow instagram mereka (klik!), mayan lah yaa XD

Demikianlah sedikit cerita mengenai pengertian fintech dan manfaatnya bagi masyarakat. Buat yang mau cek informasi lebih mendalam, coba follow instagramnya Fintektok (klik!), lumayan nambah ilmu tentang finansial dan teknologi! See you on my next post, gengs!

You May Also Like

1 komentar

  1. seru yaaa ikutan workshop kaya gini tu, nambah ilmu banget jadinya, tadinya aku cuma tau ovo, gopay, dan tcash masa wkkwkwk

    ReplyDelete