[Honest Review] Smooto Japan - Aloe E Snail Bright Gel [Bahasa Indonesia]

by - Sunday, July 01, 2018

Haaii again girrllss! Aku mau lanjutin review tentang Smooto Japan yang baru saja hadir di Indonesia nih, buat yang mau tau apa itu Smooto Japan / Smooto Indonesia, kalian bisa klik disini 😁. Jadi, aku mendapat tiga produk kece dari kolaborasi Smooto dengan Beautygoers, yaitu Smooto Tomato Aloe Snail Jelly Scrub , Smooto Tomato Collagen White & Smooth Mask, serta Smooto Aloe-E Snail Bright Gel. Sesuai judulnya, di post ini aku bakal kupas tuntas mengenai produk yang aku sebutkan terakhir, sooo keep reading gengs!

Smooto Aloe-E Snail Bright Gel


Buat para pecinta skincare, tentunya udah gak asing lagi dengan produk berlabel aloe vera. Salah satu skincare dari brand lain yang terkenal dengan aloe vera 92% nya itu berhasil memikat hati banyak orang. 

Nah, produk skincare Thailand teknologi Jepang yang akan aku review ini tidak hanya mengandung lidah buaya saja, namun sampai empat bahan utama, yaitu aloe vera / lidah buaya, vitamin E, ekstrak lendir siput, serta hyaluron. Aloe Vera nya sendiri mencapai 99.5% di dalamnya. Tentunya produk ini termasuk ke dalam Aloe Series, maka dari itu kemasannya bernuansa hijau. Nah apa sih yang membedakan produk Aloe ini dari produk yang biasanya ada di pasaran?

Kemasan / Packaging


Smooto Aloe-E Snail Bright Gel 


Kemasan nya mirip dengan Smooto Tomato Aloe Snail Jelly Scrub yang sangat unik dan lucu, karena memakai desain seperti sachet namun memiliki tutup, sehingga sangat travel friendly dan dapat menjaga kehigienisan produk. Untuk desain di bagian kemasan, cukup sederhana dengan adanya keterangan simple di bagian depannya. Sayangnya, ada sebagian yang ditulis dalam bahasa Thailand dan Jepang. Menurutku, akan lebih baik jika tulisannya dalam bahasa Inggris atau Indonesia.

Kemasannya didominasi warna yang cerah. Karena produk ini termasuk aloe series, secara keseluruhan warna hijau cerah memang mendominasi, dengan tambahan gambar lidah buaya dan siput di bagian depannya. Desainnya pun lucu dan unik, dengan ukuran yang cukup kecil sesuai dengan konsep brand ini yaitu kawaii (cute atau tiny).

Berbeda dengan produk aloe scrub nya, tutup sachet pada produk aloe gel ini berwarna putih. Namun hanya warnanya saja yang berbeda. Untuk desain dan fungsi masih sama, dan tutup ini cukup rapat. Jujur, aku sangat terkesan dengan desain kemasan seperti ini, karena akan membuat orang yang sering travelling atau berpergian seperti aku akan merasa senang dan segala sesuatunya jadi lebih praktis.
Bagian Belakang

Di bagian belakang kemasan, terdapat penjelasan dan informasi - informasi dasar. Namun, lagi lagi tidak semuanya diterjemahkan ke bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Untungnya, di website Smooto Indonesia (www.smooto.co.id) ada beberapa yang diartikan dalam bahasa Indonesia, yang akan aku share sesuai bagiannya ya. 

Selain itu, dalam kemasan tertera kegunaan / fungsi dan cara pakai dalam bahasa Indonesia, serta untuk ingredients / kandungan dalam bahasa Inggris. 

Ada lagi yang masih bisa aku artikan lewat gambarnya, yaitu PAO (period after opened) yaitu selama 1 bulan saja. Jadi, setelah dibuka, produk ini sebaiknya dihabiskan dalam waktu 1 bulan ya girls! Selain itu, produk ini netto nya 50 ml. Aku saranin kalian pakai bersama keluarga deh, biar habis dalam waktu sebulan. Aku pribadi memakai produk ini bersama adikku, dan sekarang sudah tersisa setengahnya 😂Oh ya, produk ini juga cruelty free loh gengs, yang artinya produk ini tidak diuji coba ke hewan. Animal lovers kayak aku jadi senang deh pakainya ^^

Kandungan / Ingredients


Produk ini mengandung banyak bahan alami, seperti lidah buaya, ekstrak lendir siput, dan vitamin E. Selain itu, ada pula bahan aktif lainnya yang dapat membantu kinerja aloe gel ini. 

Kandungan lidah buaya 99.5% pada produk ini dapat membantu melembabkan kulit, mencegah jerawat, menghilangkan bruntusan, serta menenangkan kulit yang kepanasan (sunburn), yang juga dibantu dengan adanya Chlorphenesin yang biasanya dipakai untuk meringankan efek kulit yang sedang iritasi.  

Selain itu, lidah buaya juga dapat membantu mencerahkan kulit, dan dibantu pula dengan adanya kandungan Niacinamide dalam produk ini. Ditambah lagi, kandungan vitamin E yang akan membantu menyamarkan noda hitam maupun bekas luka.

Ekstrak lendir siput akan membantu mengencangkan kulit serta pori pori wajahdan membantu mengatasi permasalahan jerawat. Terdapat pula Hyaluron yang dapat menutrisi kulit serta membantu melembabkan kulit wajah. Gliserin (Glycerin) juga dapat membantu untuk menjaga kelembaban kulit. 

Seperti produk Smooto lainnya, aloe vera gel ini juga tidak mengandung paraben maupun alkohol. Namun, produk aloe vera gel ini masih mengandung fragrance, sebenarnya aku prefer kalau gak usah pake wewangian sih.. Naah, makin penasaran gak sih sama efeknya di kulitku? 😄

Ingredients : Aloe Barbadensis Leaf Water, Aqua, Niacinamide, Glycerin, Propylene Glycol, Hamamelis Virgiana Leaf Extract, Polysorbate20, Carbomer, Triethanolamine, Phenoxyethanol, Tocopherol, Allantoin,  Chylorphenesin, Disodium EDTA, Fragrance, Dipotassium Glycyrrhizate, Sodium Hyaluronate, Butylene Glycol, Snail Secretion Filtrate, Caramel, Menthol, PEG-90M, Cl 19140, Collagen, Glutathione, Panax Ginseng Root Extract, Ascorbyl Tetraisopalmitate, Panthenol, Retinyl Palmitate, Sorbitol,  Hydrogenated Lecithin, Cl 42090.


Warna, Tekstur dan Wangi



Warna dan Tekstur
Produk ini berwarna hijau bening dan tidak terlalu kental. Walaupun namanya gel, namun menurutku konsistensinya sedikit lebih cair dibandingkan gel pada umumnya. Namun hal ini membuat aloe vera nya cepat meresap ke dalam kulit.

Jika diperhatikan dengan seksama, akan tercium wangi khas aloe vera. Namun, jika sudah dipakai di wajah, tidak terlalu tercium kok!  Tapi tetap saja, aku prefer jika tidak mengandung fragrance, seperti scrub nya 😂




Cara Pakai dan Kegunaan


Pertama-tama, aku kulit kalian harus dalam keadaan bersih, bisa memakai cleansing water atau cleansing oil sebelumnya, kemudian memakai facial wash. Kalian juga boleh menggunakan scrub sebelumnya. 

Kemudian, barulah pakai aloe vera gel ini. Kalian bisa memakainya untuk beberapa kegunaan di wajah, misalnya :
↦ Dipakai sebagai sleeping mask / masker yang dipakai saat tidur
↦ Dipakai sebagai wash-off mask / masker bilas (baik pagi ataupun malam hari)
↦ Dipakai setelah perawatan laser
↦ Dipakai sebagai pelembab (moisturizer)
↦ Dipakai setelah keluar rumah sebagai soothing gel / menenangkan kulit yang kepanasan atau terbakar
↦ Dipakai sebagai base makeup / dipakai sebelum makeup agar lebih tahan lama
↦ Dipakai sebagai sunscreen / tabir surya
↦ Dipakai di mata dengan bantuan kapas, untuk menyamarkan dark circle 
↦ Menyamarkan bekas jerawat

Wah banyak juga ya, eh selain di wajah, kalian juga bisa pakai produk ini untuk
↦ Perawatan tangan dan kuku agar tidak kering
↦ Menyamarkan bekas luka
↦ Melembabkan siku, lutut, dan tumit
source : www.smooto.co.id

Hasil pada Wajah


Aku sudah mencoba aloe gel ini sekitar 2 sampai 3 minggu. Sekedar informasi, sebelumnya aku tidak cocok dengan produk yang mengandung aloe vera , baik yang sudah terkenal maupun produk lokal. Anehnya, memakai rangkaian Smooto Indonesia, aku tidak merasakan efek negatif. Sebelumnya, pasti muncul bruntusan jika aku menggunakan produk yang mengandung lidah buaya.

Menggunakan produk ini, aku tidak mengalami bruntusan ataupun iritasi. Saat diaplikasikan ke wajah, aku merasakan sensasi dingin, yang bisa jadi dari kandungan menthol nya. Aku biasanya memakai produk gel ini sebagai sleeping mask.

Keesokan harinya, kulitku akan terasa kenyal dan lembut. Sekedar info lagi, akhir akhir ini kulitku cenderung normal to dry - acne prone - sensitive. Aku rutin menggunakan produk ini namun tidak setiap hari, melainkan seminggu 3 sampai 4 kali, karena aku masih ragu - ragu dan khawatir akan mengalami efek yang sama dengan produk dari brand lain 😕

Untungnya, aku bisa bilang sejauh ini aku masih cocok, belum ada tanda tanda buruk seperti bruntusan atau jerawat. Untuk efek mencerahkan, memang belum terlalu terasa. Tapi lumayan lah, pas mau tidur, wajah terasa semriwing gitu 😀😀

Harga dan Tempat Pembelian


Smooto Aloe Vera - E (99.5%) Snail Bright Gel dengan netto 50ml, produk ini dijual seharga Rp. 45.000 saja girls! Kalian dapat membelinya di : 

via WA : 087834754878
via Line : @smootoindonesia (pakai @)

Worth to try? YES!


See you in my next post, girls!




This is not a sponsored post but a collaboration post with Smooto Indonesia and Beautygoers (Beauty Community)

You May Also Like

14 komentar

  1. Aku suka banget sama packaging yg ada tutupnya gini, jadi praktis bisa simpan lagi ya. Eefek mencerahkannya keliatan kalau udah dipakai secara teratur kali ya, ga bisa instan hehehe.

    Meta,
    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget, selain praktis, juga higienis dan travel friendly.. yuk cobain kak ^^

      Delete
  2. Ini mirip sama kayak nature republic yang dari Korea gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mirip, tapi kalau aku cocoknya pakai yg ini.. NR aku gak cocok dan bruntusaaan XD

      Delete
  3. Waaaah... Akhirnya aku ketemu juga sama orang yang gak cocok pakai aloe vera kayak akuuu .. Beneran cocok pake ini mba? Jadi penasaran pengen coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran kaaak, tapi balik lg siih, skincare kan cocok cocokan yaah huhuu

      kalau aku, cocoknya pakai yg ini.. yg NR sama ada 1 lagi dari lokal gt, aku gak cocok dan bruntusaaan XD

      Delete
  4. wahh harganya super terjangkau, jadi pengen ikut nyoba :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. cus cobain kaak, travel friendly dan higienis bgt hihiii :3

      Delete
  5. Wadaww ratjun baru nih di dunia perskincare-an hahaha. Saya baru cobain natrep yang produk korea udah ada pula yang dari Thailand. Makasih reviewnya mba, jadi nambah perbendaharaan produk aloe vera :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk aku ga cocok sih sm natrep.. yg ini lebih cocok di akuu.. ntar cobain aja kaak hihii ^^

      Delete
  6. PAO-nya singkat juga ya. Tapi isinya juga nggak begitu banyak sih, jadi pasti bisa habis dalam sebulan hehe :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak cm sebulan tapi untungnya aku pakai berdua adikku dan habis dalam sebulan XD

      Delete