[Sharing is Caring] Ciri Make Up Palsu untuk Produk Lipstik

by - Saturday, February 15, 2020


Heeyyoo geengs! Kali ini aku bukan mau review produk, tapi mau share hal-hal yang mungkin bikin kalian bingung, yakni mengenai makeup palsu. Pada post ini, aku mau share tentang ciri make up khususnya lipstik yang palsu.

Lipstik sendiri telah digunakan sejak jaman Sumeria kuno, sekitar 5000 tahun yang lalu. Orang jaman dahulu menggunakan batu permata semi mulia yang dihancurkan untuk dioleskan ke bibir mereka. Seiring perkembangan jaman, lipstik dapat dibuat lebih mudah dan terjangkau tanpa harus menghancurkan batu permata terlebih dahulu.
Ironisnya, manusia jaman now (lebih tepatnya beberapa oknum) mencoba membuat lipstik menjadi lebih terjangkau dengan cara yang curang. Mereka bahkan tidak segan untuk mencampurkan bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh tanpa takaran yang jelas. Hiiii… Serem kaan? Tentunya kalian gak mau kan lipstik tersebut sampai ke tangan kalian?? Untuk itu, simaklah ciri make up palsu untuk produk lipstik berikut ini :

1. Tidak memiliki izin edar resmi dari BPOM

Semua produk make up dan skincare yang dijual di Indonesia wajib memiliki izin edar resmi dari BPOM yang biasa kita kenal dengan nomor BPOM. Jika produk make up yang akan kalian beli tidak memiliki nomor BPOM ini, maka bisa dipastikan kalau produk make up tersebut adalah palsu dan berbahaya. 

Beberapa oknum bahkan memalsukan izin edar tersebut agar seolah-olah terlihat resmi dari BPOM. Kalian bisa mencoba mengecek izin edar dari make up yang akan kalian beli di situs resmi BPOM. Jika hasilnya tidak sesuai atau tidak ada, maka bisa dipastikan kalau nomor BPOM dan produk make up tersebut palsu.


2. Harga jual terlampau murah dari harga pasaran

Mendapatkan make up dengan harga yang murah bisa jadi malapetaka untuk kalian loh gengs. Alih-alih berhemat, malah bisa membahayakan kesehatan bahkan nyawa. Untuk itu, sebaiknya kalian melakukan riset harga pasaran dari make up yang ingin kalian beli. Waspadai penawaran harga murah dengan embel-embel diskon dari oknum penjual make up nakal. Saran aku sih lebih baik beli make up di toko yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik, baik online maupun offline.


3. Memiliki warna yang terlalu mencolok

Coba bandingkan produk lipstik yang terindikasi palsu dengan produk yang asli yang biasa kalian gunakan. Jika produk lipstik tersebut memiliki perbedaan warna yang mencolok, maka bisa dipastikan produk lipstik tersebut palsu. Oknum penjual make up palsu biasanya menggunakan bahan pewarna yang tidak sesuai peruntukannya untuk kulit. Serem banget kaan geengs!




4. Menyebabkan iritasi saat digunakan

Jika produk lipstik yang kalian beli mengakibatkan iritasi pada kulit Anda padahal sebelumnya baik-baik saja, maka ada kemungkinan produk lipstik tersebut palsu. Umumnya poduk lipstik yang asli tidak memiliki efek samping berupa iritasi, kecuali jika bibir kalian sensitif yaa..

5. Berubah warna menjadi kehitaman saat bereaksi dengan emas

Kalian bisa mencoba cara simple untuk menguji produk lipstik kalian. Pertama, gosokkan lipstik ke kulit kalian, kemudian gosokkan perhiasan emas minimal 18 karat ke bagian yang telah digosokkan lipstik oleh Anda. Jika lipstik yang Anda gosokkan tadi berubah warna menjadi kehitaman, maka kemungkinan lipstik tersebut mengandung kadar timah yang tinggi. Meskipun demikian, cara ini memang belum tentu benar, namun bisa menjadi salah satu pertimbangan, apalagi jika produknya memang mencurigakan.

6. Berbau menyengat

Produk lipstik yang asli, biasanya tidak berbau saat Anda keluarkan. Sekalipun berbau, baunya pun cenderung ringan, wangi dan biasa Anda cium di produk lipstik lainnya. Jika lipstik yang kalian beli memiliki bau tidak sedap yang menyengat, maka bisa jadi lipstik tersebut merupakan lipstik palsu yang mengandung bahan-bahan berbahaya bagi tubuh.

7. Bibir menjadi gatal setelah digunakan

Selain dapat membuat bibir iritasi, lipstik palsu juga bisa membuat rasa gatal di bibir setelah digunakan. Berbeda dengan lipstik asli yang setelah digunakan rasanya ringan, lipstik palsu ini cenderung sangat berat setelah digunakan. Sekali lagi, kecuali jika bibir kalian memang sensitif yaa.. Jadi kalian sebaiknya mengetahui bibir kalian sendiri ^^

8. Terlalu tahan lama

Lipstik yang tahan lama memanglah baik, namun normalnya lipstik hanya bertahan paling lama 5 sampai 6 jam di bibir. Jika lebih dari itu, maka bisa dipastikan lipstik tersebut mengandung bahan yang berbahaya bagi tubuh. Kecuali memang klaim produknya yang mengatakan long wearing dan bisa digunakan berjam-jam. Aku sendiri prefer untuk touch up ulang lipstik daripada pakai lipstik yang terlalu tahan lama XD

Kesimpulan

Itulah beberapa ciri-ciri lipstik palsu yang perlu Anda waspadai. Untuk informasi lebih lengkap seputar ciri kosmetik palsu, silahkan kunjungi artikel CekAja.com di https://www.cekaja.com/info/edan-ini-ciri-dan-bahaya-kosmetik-palsu-yang-pernah-diingatkan-tasya-farasya/ .

Dengan maraknya kasus kosmetik palsu, kalian harus semakin berhati-hati dalam membeli kosmetik. Selalu beli kosmetik asli dari masing-masing brand. Kalian pun harus bersabar juga dalam membeli kosmetik asli dari brand ternama yang biasa dibanderol dengan harga mahal. Eitss tapi itu dulu! Sekarang, Anda bisa membeli kosmetik dari brand ternama dengan mudah dan cepat dengan menggunakan kartu kredit. Segera ajukan kartu kredit Anda di CekAja.com ! CekAja.com telah menjalin kerjasama dengan puluhan bank ternama di Indonesia. Prosesnya pun cepat dan mudah.

Segitu dulu sharing aku kali ini, semoga bermanfaat ya girls! See you on my next post, gengs!

You May Also Like

0 komentar

Total Pageviews