[Honest Review] ECLA C-Lite, Skincare Vitamin C untuk Kulit Cerah Alami [Bahasa Indonesia]

by - Tuesday, November 06, 2018

Heeyyoo again, girls! Setelah kemarin-kemarin aku post tentang review cafe dan juga event report, aku yakin kalian udah kangen review produk dari aku, iya kan? XD Nah, buat yang belum baca keseruan event Ecla x Blibli, baca dulu yaa (klik). Karena di post ini, aku bakalan langsung review produknya ^^ Oh ya, sebelumnya, harap kalian baca kondisi kulitku yang terbaru yaa.. Supaya kalian ga nanya lagi jenis kulit aku wkwkwk.. 

Kalian tau gak apa aja produk dari Ecla C-Lite ? Keep reading buat tahu jawabannya yaa 😍



Tentang ECLA C-LITE


Sekilas tentang ECLA C-LITE, jadi brand lokal satu ini berada di bawah naungan PT Mahakan Beta Farma (MBF). Sebenarnya, ECLA sudah memiliki beberapa produk selain series C-Lite (brightening series), misalnya Ecla Gold (series untuk anti aging) dan Collastin Beauty (suplemen kolagen).  Sekarang, Ecla hadir dengan seri terbarunya yaitu Ecla C-Lite dan merupakan seri brightening dengan bahan utama adalah vitamin C. Vitamin C yang digunakan juga bukan sembarangan vitamin C. 



Ethyl Ascorbic Acid adalah jenis vitamin C yang digunakan, dan vitamin C ini merupakan vitamin C terbaik dan terstabil. Ethyl Ascorbic Acid dapat bertahan selama 90 hari saat dipanaskan dalam suhu 40 derajat Celcius, sementara jenis vitamin lain akan langsung rusak pada suhu tersebut. Ecla C-Lite sendiri memiliki 5 produk, yaitu :

1. Brightening Facial Wash
2. Brightening Toner
3. Brightening Serum (High Concentrated 100% Vitamin C)
4. Brightening Night Cream
5. Brightening Cover Shield & UV Protection Gel 

Yang akan aku bahas hanya 4 produk awal yaa (no. 1 sampai 4).  Oke langsung aja kita masuk ke review produknya ya, keep reading babes 😘

1. Brightening Facial Wash





Produk facial wash nya memiliki kemasan botol / tube dengan tutup ulir, namun terdapat bukaan (sistem flip) sehingga kita cukup membuka bagian atas tutupnya kemudian memencet / menekan botolnya untuk mengeluarkan produknya. Kemasannya bening dengan tutup putih, serta dibalut stiker bening dengan tulisan berwarna orange. Kemasan berbahan plastik dan cukup tebal (saat memencet untuk mengeluarkan produk, cukup sulit karena bahan plastik tersebut), namun overall gak terlalu berat dan masih bisa dibawa travelling. Netto produk sendiri adalah 100ml.





Produknya sendiri tidak berwarna (bening), dengan tekstur seperti gel dan cukup kental. Tidak terlalu berbusa saat diberi air dan diaplikasikan ke wajah. Setelah dibilas, kulit akan terasa masih licin, karena sabun ini mengandung ekstrak madu. 
Brightening agent pada produk ini berupa alpha arbutin. Namun sayangnya, untuk kulit sensitif perlu berhati-hati, karena masih mengandung SLS (Sodium Laureth Sulfate), fragrance, dan juga alkohol. 

Kandungan lengkap pada facial wash ini antara lain : purified water,sodium laureth sulfate, cocamidopropyl betaine, cocamide dea, allantoin, alpha arbutin, glycyrrhiza glabra (root) extract, mel (honey), propylene glycol, tetrasodium EDTA, fragrance, DMDM hyndantoin, iodopropunyl butylcarbamate. 

2. Brightening Toner 



Produk toner nya memiliki kemasan botol / tube dengan tutup ulir, namun tidak terdapat bukaan atas (sistem flip). Kita perlu membuka tutup botol secara keseluruhan untuk mengeluarkan produk.  Kemasannya berwarna putih susu doff dan sedikit transparan, dengan tutup glossy putih, serta dibalut stiker putih dengan tulisan berwarna orange. Kemasan berbahan plastik dan cukup tebal namun karena tekstur produk lebih cair daripada facial wash nya, jadi tidak perlu memencet botol untuk mengeluarkan produk. Namun, jika dibawa travelling, kalian perlu hati-hati karena produk dapat bocor dari tutupnya tersebut (jadi pastikan tutup serapat mungkin) . Netto produk toner ini adalah 60ml.





Seperti toner pada umumnya, toner ini tidak berwarna (bening), dengan tekstur cair. Wanginya sedikit lebih menyengat dibandingkan facial wash nya. Untuk kandungannya, ada beberapa yang sama dengan facial wash nya, yaitu ekstrak madu agar tetap lembap dan lembut, alpha arbutin sebagai brightening agent, fragrance, dan alkohol. Selain itu, terdapat pula PEG-40 H Castor oil dan Citric acid sebagai tambahan brightening agent nya.




Kandungan lengkap pada toner ini antara lain : purified water, alcohol, glycerin, PEG-40 hydrogenated castor oil  alpha arbutin, glycyrrhiza glabra (root) extract, mel (honey), allantoin, caprylyl glycol , propylene glycol, tetrasodium EDTA, citric acid, fragrance, phenoxyethanol.


3. Brightening Serum (High Concentrated 100% Vitamin C)






Sedikit berbeda dengan 2 produk sebelumnya, serum ini datang dengan kemasan box / dus luar, yang didalamnya barulah terdapat tube produknya. Keterangan lengkap terdapat pada kemasan box nya. Kemasan box ini berbahankardus tipis dan tulisannya langsung di print pada bahan kardusnya. Selain itu, terdapat segel di bagian tutup atas dan bawah kemasan box nya, untuk menjamin bahwa produknya masih baru dan aman. 



Untuk kemasan tube nya yang terbuat dari bahan plastik keras, kelihatannya sangat mungil, kan? XD Netto produknya hanya 10 gram, dengan PAO (period after open) selama 12 bulan. Jangan khawatir, 1 pump aja cukup untuk seluruh wajah kok XD Oh ya, yang unik dari kemasan tube ini adalah botol pump nya sudah menggunakan teknologi airless, sehingga vitamin C di dalamnya lebih aman karena tidak terkena udara! Keren kaann..





Untuk serumnya sendiri, serum tidak berwarna (bening), dengan tekstur yang cukup cair (namun tidak secair tonernya ya). Wanginya segar, mungkin karena ada kandungan Ethyl Ascorbic Acid nya. Vitamin C jenis ini adalah jenis yang paling stabil dari segi keamanan penyimpanan. Tapi tetap saja, simpan di bawah suhu 30 derajat celcius yaa, dimasukkan ke kulkas lebih baik ^^


Kandungan lengkap pada serum ini antara lain : aqua purificita, ethyl ascorbic acid, propanediol, trehalose G/Alpha - D gluco pyranosyl - aloha - D - glucopyranoside dihydrate, polyacrylate crosspolymer-6, sodium metabisulfit, sodium citrat, dimethylol dimethyl hydantoin.

4. Brightening Night Cream   





Sama seperti serumnya, night cream ini datang dengan kemasan box yang serupa dengan serumnya, hanya berbeda ukuran. Namun aneh nya, tidak terdapat segel untuk kemasan luarnya. 

Pada kemasan produk, terdapat perbedaan dengan produk lainnya. Produk berbentuk jar yang terbuat dari kaca akrilik yang tebal, dengan tutup plastik keras, sehingga produk night cream nya lebih terkesan premium dibanding produk lainnya. Selain itu, terdapat tutup seal tambahan sebelum produk, sehingga terasa lebih higienis dan tidak mudah tumpah. Netto produk ini adalah 30 gram.


Sesuai namanya, produk ini memiliki tekstur cream yang cukup kental, namun tetap mudah menyerap ke kulit. Warnanya putih susu, dengan wangi yang cukup segar. Seperti produk facial wash dan tonernya, night cream ini mengandung ekstrak madu agar tetap lembap dan lembut, alpha arbutin sebagai brightening agent, fragrance, dan alkohol. 



Kandungan lengkap pada night cream ini antara lain : purified water, isononyl isononanoate, glyceryl stearate, glycerin, caprylic/capric triglyceride, cetearyl alcohol, cyclotetrasiloxane, alpha arbutin, cetyl alcohol, glycyrrhiza glabra (root) extract, mel (honey) allantoin, propylene glycol, ceteareth-33, cyclopentasiloxane, isohexadecane, hydroxyethyl, acrylate/sodium acryloydimethyl, taurate copolymer, polysorbate 60, dimethicone crosspolymer, carbomer, tetrasodium EDTA, BHT, triethanolamine, fragrance, phenoxyethanol.

Anjuran Pemakaian


Pagi Hari
1. Brightening Facial Wash 
2. Brightening Toner
3. Brightening Cover Shield & UV Protection Gel 
(aku pribadi menyarankan untuk pagi hari tidak perlu cuci muka pakai sabun, cukup pakai air lalu langsung ke toner)

Malam Hari
1. Brightening Facial Wash
2. Brightening Toner
3. Brightening Serum (High Concentrated 100% Vitamin C)
4. Brightening Night Cream
    

Kesimpulan dari 4 produk


+ Melembabkan sekaligus membantu mencerahkan kulit
+ Cepat menyerap ke kulit
+ Praktis, tidak perlu banyak step
+ Travel friendly (asal tetap dihindarkan dari sinar matahari langsung ya)
+ Tidak mengandung paraben

o Masih mengandung fragrance


- Masih mengandung alkohol (tapi di aku masih fine, gak bikin beruntusan)

- Masih mengandung SLS di facial wash nya.



Dimana untuk Membeli Produk ini?





Sssttt, lagi DISKON looh jadi murcidaaa, plus ada diskon tambahan kalau kalian masukkin kode : WIDYA saat selesai checkout (sebelum pembayaran). Enak banget kaan, udah diskon, dapet diskon tambahan lagi XD Langsung aja cek Blibli.com yaa..





Jika di kulitku tidak cocok, maka belum tentu di kalian juga tidak cocok. Begitu pula sebaliknya, jika di kulitku cocok, belum tentu bisa cocok juga di kulit kalian. Tapi setidaknya dengan berbagi seperti ini, kalian bisa tahu kandungan di masing-masing produk dan bisa memutuskan apakah akan mencobanya atau tidak. Aku pribadi merekomendasikan produk serum dan night cream nya. Jadi, mau coba yang mana nih girls? Komen dong di bawah ini 😁 😍





-The products was given to me to be review as a collaboration with Ecla and Blibli. However, this post is 100% honest review, based on my own experience and online research-

References : @eclabeauty (Instagram and Facebook) , cosdna.com

You May Also Like

20 komentar

  1. Wah aku paling tertarik dengan skin care yg terjamin ingredientsnya... Apalagi mengandung madu bikin lembab dan menyehatkan kulit, serumnya juga aku penasaran buat coba deh

    ReplyDelete
  2. pertama kali dalam seumur hidup, gw break out gegara ini produk. Sedih, jadi tambah berbekas mukak gw:( masih full itu gak berani makenya akutu

    ReplyDelete
  3. Aku penasaran sama serumnya. Kira-kira cocok nggak ya dipake aku? Suka takut-takut kalo mo cobain serum, karena kesannya dia akan menyerap masuk ke bagian kulit terdalam.

    ReplyDelete
  4. Warna nya jreng ya, mirip sm brand nya Farina tp beda sih cuma dr warna aja.he
    Ini paket komplit banget ya, cocok nih buat perawatan sehari². Wajib coba dan semoga cocok diaku.

    ReplyDelete
  5. Suka penasaran sama produk skincare yang brightening, soalnya pengen kulit wajah agak cerahan, tapi bener, setiap produk skincare akan beda hasilnya di setiap orang ya

    ReplyDelete
  6. Belum pernah dengar brand ini beb. Tapi liat masih fragrance dan ada kandungan alkohol jadi gak berani. Padahal udh tertarik sama brightening creamnya

    ReplyDelete
  7. Aku baru denger nama skincarenya sist, tapi sepertinya bagus asal gak ada efek ketergantungannya aja ya, soalnya skin care kan cocok-cocokan yaa

    ReplyDelete
  8. kalau ga bikin muka beruntusan bagus juga nih produk nya bebh, apalagi ga harus pakai skincare berlapis lapis giu kan, cukup 4 step aja, cus kepoin blibli

    ReplyDelete
  9. Kok kayaknya menarik nih produknya buat dicoba, apalagi serum sm serumnya... Tapi rasanya masih takut juga soalnya baru beberapa kali ini ganti skincare muluk

    ReplyDelete
  10. Aku suka skincare yg gak bnyk step, makin simple makin mengurangi resiko jerawatan. Dan skincare inbgtu jg yah aku liat. Sayangnya msh ada fragrance dan alkohol , muka sensitif kurang cocok dgn bahan itu

    ReplyDelete
  11. Ku baru tau beb produk ini, penasaran pengen coba tapi kulit aku lagi sensitif nih takut ga cocok karena ada fragrance sama alkoholnya huhu

    ReplyDelete
  12. PAckagingnya cute banget iiihhhh.. awalnya sihh kepo aku sama produk ini, tp pas kamu bilang ada kandungan alkoholnya, aku mikir 2kali lagi wkkwkwk

    ReplyDelete
  13. Aku suka sama packaging nya mba.sweet orange gitu. Review mu bikin penasaran utk cobain juga. Krn suka sama komposisi nya yg ada vit C nya

    ReplyDelete
  14. Aq udh pernah comment belum sik. Wkwkwkwk lupa. Anyway packagingnya segef banget. Mungkin ada kandungan vit c yang bikin seger

    ReplyDelete
  15. Wah, baru tahu produk lokal yang satu ini. Makin bingung nih mau coba yang mana.. haha, penasaran juga sama ini. Hehe

    Rhialita

    ReplyDelete
  16. aku akan say no dengan produk ini karena produk ini mengandung alkohol aku tuh paling enggak suka dengan produk yang mengandung alkohol karena kulit aku termasuk kulit yang tipis dan sensitif

    ReplyDelete
  17. Waah skincare lokal lagi! Serumnya bikin lengket di kulit gak? Packaging night creamnya paling mewah ya di antara yang lain.

    ReplyDelete
  18. Aku pakai yang c-Lite serum untuk area under-eye aku. Lumayan sih agak mencerahkan walau agak lama progressnya

    ReplyDelete
  19. beb ga ada before after pemakaian ya beb? aku penasaran hasilnya gimana. .

    ReplyDelete