Atasi Jerawat dengan Himalaya Neem Series

by - Wednesday, August 25, 2021


Heyyoo geengs! Siapa yang kulitnya jadi lebih gampang jerawatan selama di rumah aja? Atau, udah mulai ke luar rumah, kena debu-debu dan bikin jerawatan juga?

Gak usah khawatir, karena di artikel kali ini, aku mau share produk yang oke banget buat kalian yang kulitnya berminyak ataupun lagi jerawatan! Kita bisa kok pakai bahan alami untuk melawan jerawat! Yaps, ini adalah produk dari Himalaya! Ada 2 produk yang bakal aku share, yaitu Purifying Neem Face Wash dan Purifying Neem Mask ^^

Buat yang udah sering baca blog aku maupun intip instagramku, pasti udah pada hapal sama salah satu produk Himalaya kesukaan aku yaitu Purifying Neem Mask nya. Aku udah pakai dari 2019 dan emang bagus banget buat jerawat, karena bisa membantu ngempesin jerawat dan mengurangi peradangan.

Himalaya sendiri adalah brand asal India yang sudah berdiri sejak tahun 1930. Himalaya fokus pada rangkaian skincare, mulai dari face care, body care, baby care, dan lain-lain. Brand ini pun berfokus untuk menggunakan bahan-bahan alami untuk produk-produknya, termasuk dua produk yang akan aku bahas ini! Himalaya juga bangga menjadi pendukung para pejuang jerawat looh..


Oke deh langsung aja kita bahas satu-satu yuukk produk Himalaya Neem Series ini 😍

Purifying Neem Face Wash



Face wash ini kemasannya berupa tube yang terbuat dari bahan plastik yang agak transparan di beberapa bagian, jadi kita bisa lihat warna produknya. Bentuknya juga lumayan travel friendly dengan netto 100ml. Produk ini juga tersedia dengan ukuran 50ml ya. Tutup kemasannya berupa tutup flip-top yang memudahkan kita saat ingin memakai facial wash ini.

Pada bagian depan, terdapat beberapa keterangan dasar, sementara di bagian belakang lebih menjelaskan untuk cara pakai dan klaim produk. Terdapat pula PAO (period after open) yaitu 12M atau 12 bulan, yang artinya produk ini sebaiknya dihabiskan dalam waktu 12 bulan setelah produk dibuka pertama kali.


Teksturnya cukup unik yaitu gel, jadi cocok buat kulit berminyak. Warnanya hijau transparan gitu, wanginya slightly kayak wangi herbal tapi gak mengganggu sih..

Sesuai namanya, kandungan utama dari face wash ini adalah daun Neem atau dalam Bahasa Indonesia nya daun Mimba. Daun ini mengandung antibakteri sehingga bisa melawan bakteri penyebab jerawat secara efektif. Selain itu, Neem juga bisa membantu membersihkan kulit hingga ke pori-pori, sehingga pori-pori tampak lebih kecil, serta mengurangi produksi minyak berlebih di kulit karena kandungan astringent-nya. Gak heran kandungan daun Neem ini jadi terkenal pada produk untuk kulit berminyak dan berjerawat yaah XD

Gak cuma daun Neem, ada juga kandungan Curcuma Longa Rhizome Extract alias kunyit yang dapat membantu menenangkan dan mencerahkan kulit, serta membuat kulit lebih sehat. 


Cara pakainya pun seperti facial wash pada umumnya, cukup pakai sekitar buku jari, lalu beri sedikit air hingga berbusa, lalu busanya yang dipakai untuk membersihkan wajah. Setelah pemakaian, kulit gak kerasa ketarik, tapi tetap terasa bersih dan gak licin. Kalian bisa pakai sehari 2 kali, saat pagi hari dan malam hari. 

Ingredients : Aqua, melia azadirachta leaf extract (neem), ammonium lauryl sulfate, cocamidopropyl betaine, glycerin, acrylates/C10-30 alkyl acrylate crosspolymer, disodium; disodium cocoyl glutamate, sodium cocoyl glutamate, curcuma longa root extract (tumeric), phenoxethanol, sodium hydroxide, fragrance, sodium metabusulfite, citric acid, disodium EDTA, tocopheryl acetate, methylchloroisothiazolinone, methylisothiolinone, , CI 19140, CI 42090.

Purifying Neem Mask



Mask ini kemasannya serupa dengan face wash nya, hanya saja tidak transparan dan plastiknya sedikit lebih tebal. Yang aku punya netto nya 100ml, tapi ada ukuran lain yaitu 50ml. Tutup kemasannya berupa tutup flip-top yang memudahkan kita saat ingin memakai masker ini.

Untuk maskernya, PAO (period after open) nya hanya 6M alias 6 bulan yaa, jadi sebaiknya dipakai sampai habis selama 6 bulan setelah dibuka.

Untuk tekstur masker ini mirip masker organik bubuk yang diberi air. Cukup kental, terdapat scrub halus. Warnanya hijau butek agak tua. Wanginya khas wangi daun herbal gitu dan cukup relaxing, wanginya ini lebih kuat dibandingkan face wash nya.

Dua kandungan utamanya sama dengan face wash nya yaitu daun Neem dan kunyit, jadi tentu saja manfaatnya sama-sama bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat untuk melawan bakteri penyebab jerawat dan menenangkan kulit. Selain itu, terdapat pula kandungan Fuller’s Earth yang dapat membantu menyerap minyak di wajah, membersihkan hingga ke pori-pori, dan mengontrol minyak di wajah.

Kandungan fuller's earth yang merupakan kandungan alami yang mengandung banyak mineral alami. Salah satu fungsinya adalah untuk membantu membersihkan komedo dan minyak berlebih pada pori (deep cleansing), serta membantu memudarkan bekas jerawat.

Cara pakainya juga gampang, seperti masker pada umumnya. Pastikan wajah sudah bersih yaa, kalian bisa pakai double cleansing, baru pakai maskernya. Aplikasikan ke seluruh wajah. Karena teksturnya lumayan kental, kalian bisa mengaplikasikan dengan rapi dan mudah.



Setelah diaplikasikan, kalian bisa tunggu 10 – 15 menit. Kulitku cukup sensitif, jadi aku cukup memakai selama 10 menit. Setelah 10 menit, teksturnya akan mengering seperti di gambar. Jika merasakan sensasi tingling atau cekat cekit, gak apa-apa kok! Itu artinya maskernya sedang bekerja di pori-pori kalian dan itu adalah hal yang wajar untuk penggunaan clay mask pada umumnya. Biasanya untuk yang baru pertama kali memakainya akan lebih merasakannya. Kalau aku sih udah ga kerasa karena setiap muncul jerawat selalu rescue pakai masker ini XD

Selanjutnya tinggal bilas menggunakan air bersih. Kalian bisa pakai masker ini 1 – 2 kali seminggu, sesuai kebutuhan. Setelahnya, kalian bisa pakai hydrating toner dan hindari produk eksfoliasi (AHA, BHA ataupun PHA) agar tidak over exfoliate.



*Saran Penggunaan : lebih baik dan lebih disarankan dipakai sore atau malam hari, karena setelah pemakaian, pori-pori akan sedikit lebih terbuka dibandingkan sebelumnya (karena efek deep cleansing dan juga scrubbing pada masker ini), dan nutrisi pada masker akan lebih mudah “masuk” dan menyerap.

Dalam 1 kali pemakaian saja, jerawat sudah lebih kalem, mengurangi kemerahan di kulit dan di jerawat, dan pastinya mencegah peradangan jerawat! Gak heran kan aku setia pakai produk ini selama 2 tahun terakhir XD


Ingredients : aqua, kaolin, melia azadirachta leaf extract, propylene glycol, bentonite, fuller's earth, curcuma longa root extract, perfume, sodium methylparaben, imidazolidinyl urea, DMDM hydantoin, xanthan gum, disodium EDTA, sodium propylparaben, citric acid, sodium lauryl sulfate.



Nah, buat yang mau cobain Himalaya Neem Series ini, kalian bisa beli di Watsons, Alfamart, Indomaret, dan juga di Himalaya official store di Shopee and Lazada yang tersedia dalam ukuran 50 ml dan 100 ml mulai dari Rp 24.800!

Segitu dulu review aku kali ini, semoga bermanfaat buat kalian yang kulitnya berminyak ataupun berjerawat yaa..






You May Also Like

15 komentar

  1. Ooh ternyata maskernya hanya bertahan 6 bulan. Pendek banget yah, jadi begitu beli langsung berkomitmen untuk rutin dipakai supaya ga mubazir.

    ReplyDelete
  2. Ooh ternyata maskernya hanya bertahan 6 bulan. Pendek banget yah, jadi begitu beli langsung berkomitmen untuk rutin dipakai supaya ga mubazir.

    ReplyDelete
  3. aku pakai himalaya masker ini udah lama banget, ga bisa sering2 sih karena jenis kulitku kering, tapi aku suka banget abis pakai berasa alusss banget kulitku heheee

    ReplyDelete
  4. aku pengen ah beli nyobain si Furifying neem masknya, mumpung weekend nanti ada jadwal belanja mingguan. Soalnya selalu lihat produk Himalaya ini kalau pas lagi belanja.

    ReplyDelete
  5. Waah Purifying Neem Mask-nya sih favorit aku banget bahkan aku pun udah repurchase Kak hihi

    ReplyDelete
  6. Himalayan neem mask aku juga suka banget masknya. Harganya terjangkau gampang nyarinya jg

    ReplyDelete
  7. sejujurnya aku belum pernah lho cobain maskeran pakai himalaya masker ini, sepertinya bikin kulit lebih tenang dan alus pisan

    ReplyDelete
  8. aku juga lagi jerawatan nih di daerah T. ga tau karena hormon atau gimana, beberapa bulan ini jadi tambah oily aja sekitar hidung xD hm, jadi pengen cobain deh product himalaya neem ini ^^

    ReplyDelete
  9. Ajaib banget Himalaya Neem masker.
    Aku suka kalau langsung ada efek yang bagus buat kulit. Dan merawatnya lagi, agar tidak kotor dan pori-pori tersumbat.

    ReplyDelete
  10. Neem mask ke sayangan aku nii, sampe sekarang masih suka banget sama produk-nya yang itu!

    ReplyDelete
  11. Kayanya aku bakal tertarik sama fw nya niih! Kalau maskernya mungkin bukan buatku, soale kulitku kering

    ReplyDelete
  12. mau coba maskernya juga ah.. ini juga lebih ramah lingkungan yaa ketimbang sheet mask. lagian alhamdulillah udah pernah pakai produknya dan cocok juga

    ReplyDelete
  13. kalau baca Himalaya ingat gunung impian saya jadinya Mba CImut, tapi belum pernah nyobain produk kecantikan bermerek Himalaya ini, jadi penasaran deh pengen cobain, apalagi yang berjerawat kayaknya memang wajib coba ya

    ReplyDelete
  14. produk himalaya yang udah kucobain lip balm-nya dan suka. kirain face mask yang jenis peel off gitu, ternyata clay ya. tapi boleh juga nih dicobain.

    ReplyDelete
  15. Buciinn mah aku sama neem mask nya😍😍😍

    ReplyDelete