Pengalaman Naik Kereta Sekeluarga! Simple tapi Seru (Bonus Tips Naik Kereta) [Experience]

by - Friday, November 29, 2019



Heyyoo geengs! Buat kalian yang udah follow Instagram aku @widyalimitedcom, kalian pasti sempat lihat kalau aku pergi ke Jakarta bersama keluarga besar untuk menghadiri undangan pesta pernikahan sepupu aku. Nah, aku bersama ayah, ibu, dan adik perempuanku kebetulan tinggal di Cimahi nih, jadi kami harus merencanakan perjalanan dengan baik dan nyaman, karena barang bawaan lumayan banyak.

Memang ada beberapa opsi untuk pulang - pergi dari Cimahi ke Jakarta. Akhirnya,  setelah obrolan dan diskusi berbulan-bulan (ini serius wkwk kalau gak salah sampai 3 bulan deh saling diskusi dan ngotot mau pergi naik apa), kami memutuskan untuk menggunakan kereta api saat berangkat dari Cimahi ke Jakarta.

Sayangnya, waktu itu sudah cukup mepet. Kami harus berangkat hari Kamis, tanggal 21 November 2019, sementara sampai tanggal 15 kami belum pesan tiket kereta api nya :(

Untung saja kami pergi saat weekday sehingga masih ada harapan untuk mendapatkan kursi. Dan untungnya lagi, ada aplikasi Pegipegi yang membuat proses pemesanan tiket kereta jadi lebih praktis dan mudah.




Dari membuka aplikasi, sudah terlihat jelas pilihan akomodasi yang akan kita gunakan, apakah kereta api, pesawat terbang, atau booking hotel. Karena aku mau beli tiket kereta api, maka aku klik yang kereta api.

Proses pembelian pun sangat praktis, kalau mau 1 kali perjalanan bisa langsung masukkan tanggal keberangkatan dan posisi stasiun mau naik dan turun di mana, kemudian cari deh tiketnya. Kalau mau pulang - pergi, jangan lupa tombol di kanan agak atas di klik dulu.




Setelah itu, kita bisa memilih jam keberangkatan dan jenis kereta api yang akan kita naiki. Untuk keberangkatan dari Cimahi ke Jakarta (stasiun Gambir), pilihannya hanya ada kereta Argo Parahyangan. Karena aku berempat dan ingin nyaman (tapi pengen hemat juga), kami membeli tiket ekonomi saja, namun yang kursinya saling berhadapan. 




Sedikit bocoran, buat kalian yang mau naik kereta Argo Parahyangan Ekonomi (atau sekarang sebutannya premium), pilih kursi nomor 11 dan 12, karena kursi ini saling berhadapan (misalnya 11A, 11B, 12A dan 12B).

Nah, setelah memilih kereta dan jam keberangkatannya, kita bisa memilih kursi. Tampilan di aplikasi Pegipegi sangat mudah dimengerti, jadi untuk orang yang belum pernah beli tiket kereta lewat online pun pasti bisa langsung mengerti. User friendly lah bahasa gawl nya XD

Karena aku ber 4, maka aku memilih kursi seperti yang sebelumnya aku tulis. Nah, setelah itu kita bisa membayar lewat.... Pada hari H, tinggal print aja deh tiketnya dengan kode yang dikirimkan via email, atau di aplikasinya juga ada. Kami sekeluarga pun sampai di stasiun Gambir dengan aman sentosa, gak ada drama aneh-aneh tentang tiketnya.




So far aku seneng sih pas pesan tiket kereta api Cimahi - Jakarta lewat Pegipegi, soalnya praktis dan mudah, gak membingungkan. Apalagi suka ada diskon-diskon menarik. Next pergi ke mana lagii, yaaahh? XD




Oh ya sedikit tips, kalau barang bawaan di kereta kalian cukup banyak seperti aku dan keluargaku, maka lebih baik kalian pakai beberapa tas berukuran sedang, jangan 1 koper besar, karena akan kesulitan menaruh kopernya. Emang sih, bisa ditaruh di depan pintu masuk antar-gerbong kereta (yang deket WC itu loh) tapi akan menyulitkan dan mengganggu sih. Kalau beberapa tas ukuran sedang, kalian bisa taruh di bawah kursi, di tempat penyimpanan bagian atas kepala, atau ditaruh di dekat kaki (jika memesan kursi yang saling berhadapan, tas nya bisa ditaruh di tengah-tengah gitu).


Segitu aja sedikit cerita dan tips dari aku. Kalau kalian udah pernah coba beli tiket kereta pakai Pegipegi? Kalau belum, buruan install deh, soalnya suka ada flash sale atau diskon, baik tiket kereta, tiket pesawat, ataupun hotel. See you on my next post, geengs!

You May Also Like

11 komentar

  1. Beneran bikin praktis yaa Beb Pegipegi ini, next nanti kita ke Jogja bareng yuk pake kereta hihi

    ReplyDelete
  2. Sekarang kalo ke cimahi/ bandung aku juga prefer naik kereta. Ga pake drama macet berjam2 di jalanan 🤭

    ReplyDelete
  3. waaa asik banget ya beb naik kereta sekeluarga giniii, jadinya seru pastinya nih, udah lama banget aku nggak naik kereta huhuhu

    ReplyDelete
  4. kalau menurutku emang kereta bukan untuk bawa koper sih, susah dan ruangnya terbatas abnget. mendingan bawa tas travel gitu atau backpack

    ReplyDelete
  5. Daku kalau pergi ke luar kota Yogya dan masih bisa terjangkau kereta api, lebih memilih naik kereta api. Bawaannya lebih nyaman saja :)
    Dan sering pesan di Pegi-Pegi.

    ReplyDelete
  6. Aku blm pernah nih mba pesan tiket dari Pegi Pegi..simple ya cara pesan nya dan pasti aman juga nih.

    ReplyDelete
  7. Aku jg biasanya pake pegi pegi klo mau beli tiket kereta ato pesawat. Disana sering bgt ada promo dan flash sale jg haha

    ReplyDelete
  8. Wah lagi ada diskon tiket KA yaaa, jd pengen mesen, aku sebaliknya malah ada rencana mau ke Bandung sekitar Desember pertengahan hehe. Enak ya booking via pegi2 lbh praktis.

    ReplyDelete
  9. Aku udah beberapa kali coba booking pake pegipegi, emang senyaman itu sih ya kalau merencanakan bepergian dengan pegipegi. Simpel dan tinggal klik-klik. Malah kadang ada promo yang lumayan loh booking di situ.

    ReplyDelete
  10. Pesen tiket kereta api pakai PegiPegi lebih nyaman ya dan simple ga usah ribet. Ah jadi ingin ceki - ceki tiket buat liburan nih.

    ReplyDelete
  11. Pegi-pegi jadi andalan banget ya Mba Wid
    aku juga selain pesen kereta api di sini sering pesen hotel juga
    gampang langsung lancar.

    ReplyDelete