[Experience] Bandung Champion City, Tempat Bermain dan Belajar untuk Anak [Bahasa Indonesia]

by - Wednesday, March 27, 2019


- Bandung Champion City menyediakan arena bermain
sambil belajar dengan konsep yang menyenangkan -


Heyyoo gengs! Kali ini aku mau share mengenai tempat bermain yang baru di Bandung, namanya Bandung Champion City. Terletak di dalam Lucky Square Mall, jalan Terusan Jakarta no. 2, Bandung, menjadi pilihan yang oke untuk mengajarkan anak mengenai struktur tatanan kota sambil bermain. Hal ini dapat dilakukan karena Champion City memiliki konsep miniatur kota metropolitan dengan total 77 wahana dan 177 profesi untuk bermain peran. WOOWW keren yaah..

Bandung Champion City (BCC) melaksanakan soft launching pada hari Minggu, 24 Maret 2019, dan kebetulan aku bersama teman-teman blogger dari MDR berkesempatan untuk hadir dan mencoba wahana disana. Sayangnya, masih banyak wahana yang belum beroperasi karena masih ada peralatan yang belum lengkap. Tapi gak apa-apa yah, aku coba share beberapa wahana yang sudah bisa dimainkan yaa..

Sebelum masuk ke pembahasan wahana, aku mau share dulu mengenai BCC nya ya.. BCC sendiri berada di lantai P8, dan akses masuknya menurutku agak susah.. Ada 2 cara, yaitu dari lift di dalam mall menuju P8 langsung (aku gak menemukan lift ini waktu datang huhu), atau naik lift dari arah parkiran mobil menuju P7 lalu jalan kaki naik ke P8. Aku berharap pihak BCC bisa memperbaiki akses masuknya ini, karena sayang banget wahana BCC yang besar (dan katanya indoor edutainment theme park terbesar se Indonesia) tapi akses masuknya susah.

Naah pasti udah pada ga sabar ya mau lihat kayak gimana sih BCC itu? Pertama-tama, kalian harus membeli tiket masuk (harga aku tulis di paling bawah artikel ya) di ticketing yang bentuknya mirip kapal terbang di film-film luar angkasa gitu. Selanjutnya, kalian bisa menemukan Information Center dan Security di dekat tempat ticketing. Pintu masuk arena BCC berada di dekat pos security

bagian ticketing (atas kiri), contoh tiket, kuitansi, dan gelang (atas kanan)
bagian security (bawah kiri), bagian information center (bawah kanan)

Setelah membeli tiket, kalian akan mendapatkan kuitansi dan juga gelang RFID. Gelang berwarna biru untuk anak-anak yang dapat bermain wahana (usia 4 - 16 tahun), sementara gelang merah untuk anak / orang dewasa yang tidak dapat bermain (usia di bawah 4 tahun atau di atas 16 tahun). Setelah itu, kita bisa langsung masuk ke arena bermain.

Setelah masuk, kita bisa ke arah kiri, tengah, kanan, atau belakang. Aku mulai dari area kiri yaah.. Ada area konseling, dimana ini adalah area bagi anak dan pendamping untuk berkonsultasi. Untuk informasi nih, nantinya akan ada psikolog dari UPI yang membantu untuk memeriksa kondisi anak, misalnya berdasarkan wahana yang dilakukan, sang anak memiliki potensi / ketertarikan terhadap apa. Jadi, benar-benar konsep edutainment diterapkan agar anak bisa berkembang lebih baik. Hal ini juga mendukung salah 1 karakteristik BCC yaitu sebagai arena yang memiliki fasilitas untuk mendeteksi minat dan bakat anakDi bagian atas ruang konsultasi, ada tempat istirahat bagi para pengunjung, berupa semacam kafe. Terdapat makanan dan minuman yang dapat dibeli oleh para pengunjung.

Mentor di Bank Muamalat (kiri), contoh uang Cicis (CC)

Kemudian, ada Bank Muamalat, disini anak-anak dapat menukarkan kuitansi yang didapatkan dengan Cicis (CC), yang merupakan mata uang di dalam arena BCC. Uang Cicis ini dapat digunakan untuk bermain ataupun membeli barang yang dijual. Di bank ini pula, anak-anak bisa menabung uang yang didapatkan dari hasil bekerja. Nah loh, bisa bekerja jadi apa saja ya?

Selain bank Muamalat, terdapat pula Smartphone Center, kampus UPI, Bread&Co Bakery Shop, Amanda Brownies, First Media, Gerai Grapari, Ichi Ocha Shop, Fire Station (Pemadam Kebakaran), dan TNI AD. Wah keren banget yaa.. Oh ya, jangan heran kalau ada nama brand yaa, karena memang salah satu konsep BCC adalah menjadi Revolutionary Advertisement, dan menjadi cara baru dan unik untuk para perusahaan dalam meningkatkan citra dan ketertarikan pasar pada produk / jasa mereka. 

Bisa jadi penjual smartphone, bisa juga jadi pembelinya!

Di Bread&co bisa belajar bikin roti looh


Kalau di Amanda Brownies, lebih diajarkan untuk menata dan berjualan kue

Di First Media bisa belajar menjadi operator, instalasi channel TV, dan lain-lain!

Bergaya dulu sebelum jadi petugas Pemadam Kebakaran

Belajar membela negara dengan menjadi TNI
(diajarkan baris berbaris, dan nantinya bisa main paintball looh!)

Di bagian tengah, terdapat "kantor pemerintahan" seperti kantor legislatif dan kantor walikota. Ada pula rental car, kalian bisa meminjam mobil-mobilan disini. Di dekat rental car, ada SPBU dan juga car wash. Tak lupa, ada pula mini market, hotel, dan media percetakan. Anak-anak juga dapat bermain peran sesuai keinginan masing-masing. FYI juga nih, salah 1 karakteristik BCC sendiri adalah sebagai laboratorium satuan pendidikan dengan kurikulum belajar yang rekreatif dan inovatif. Seru banget kaann..

Mulai dari nol yah ^^
Bisa jadi petugas mini market dan bisa jadi pembeli, sayangnya barang-barangnya dummy :(

Di bagian kanan, ada showroom / dealer mobil (Toyota Car Dealer), astronaut / simulasi menjadi pilot, rumah sakit umum, rumah sakit anak, apotek, dan kantor polisi. Sementara itu, di bagian belakang pintu masuk (jadi dari pintu masuk ke arah kanan - belakang, berlawanan arah dengan arah masuk) terdapat stasiun televisi yaitu BandungTV, Champion F1 Circuit (mirip balap mobil F1 gituu), toko alat listrik, dan lain-lain (beberapa belum selesai jadi belum ada namanya).

Cara menggendong bayi yang benar (kiri) versus yang salah (kanan)
( Di Rumah Sakit Anak )
Bisa jadi pembalap nih! Eh mobilnya kayak warna angkot yang ada di Bandung, bener gak?
Di Bandung TV, bisa jadi kameramen, presenter, dan juga operator looh

Nah itu tadi ringkasan keseruan di Bandung Champion City beserta sedikit foto-fotonya.. Tertarik bermain disini? Langsung aja follow instagramnya di @championcity_id (klik!) dan juga twitternya 
@championcity_id (klik!) untuk mengetahui program-program diskon ataupun perkembangan dari BCC ini! Kalau ada yang butuh teman untuk mendampingi main di BCC, aku mau loh XD

Harga tiket masuk per orangan :
Rp. 150.000 (untuk anak usia 4 - 16 tahun, boleh bermain)
Rp. 100.000 (untuk anak usia < 4 tahun (toddler) dan > 16 tahun (dewasa), tidak boleh bermain)
DISKON 50% SAMPAI tanggal 1 APRIL 2019 !

Sementara itu, ada pula harga khusus per kelompok :

Paket Gold: Rp150.000 /orang
(Durasi Bermain 6 Jam, Rapot Bermain dan Konsultasi Psikologi)

Paket Platinum: Rp170.000 /orang
(Durasi Bermain 6 Jam, Makan Siang, Rapot Bermain dan Konsultasi Psikologi)

Paket Titanium: Rp200.000/orang
(Durasi Bermain 6 Jam, Makan Siang, Transportasi Antar Jemput (TnC berlaku), Rapot Bermain dan Konsultasi Psikologi)

Jam operasional : 09.00 - 15.00 WIB



See you on my next post, gengs!

note : some photos were taken by @vebbyfbrr_

You May Also Like

9 komentar

  1. Beb harga weekend sama weekday sama? Pengen banget bawa si anak ih..

    ReplyDelete
  2. Jd pengen ngajak ponakan maen kesini, tp sedih di atas 16 thn gk vbole ikutan maen 😭

    ReplyDelete
  3. Waw seru banget. Kenapa sih wahana seru ini jauh dari tempat tinggalku, 😥

    ReplyDelete
  4. Enak banget sih di bandung banyak event gitu

    ReplyDelete
  5. Cukup seru juga ya di Bandung champion City ini. Bisa main sekaligus sekaligus belajar. Cuma akses masuknya masih susah ya..

    ReplyDelete
  6. terlalu keren ni tempat gile aje, kayak beneran deh, wmng bandung juara.

    ReplyDelete
  7. Liat gambarnya aja udah seru banget. Jadi pengen ksana 😭

    ReplyDelete
  8. ko seru banget ya ini, cocok bih bawa keponakan mau ke siniii, biar heppy heheh

    ReplyDelete
  9. Seru ya, selain bisa bermain juga dapat edukasi juga, keren

    ReplyDelete