[Tutorial Makeup] Takut Wajah Semakin Berjerawat, tapi Harus Makeup? Ini Solusinya ! [Bahasa Indonesia]

by - Wednesday, February 20, 2019


- Simple makeup buat kalian yang wajahnya berjerawat,
gak perlu pakai foundation ! -

Heyyoo geengs! Kalian suka bingung ga sih, perlu banget makeup an tapi wajah lagi berjerawat? Mau pakai foundation tapi takut terlalu berat di wajah? Sstt nih aku kasih tau rahasianya, plus tutorial simple korean makeup ala aku 😂 Langsung aja kita masuk ke tutorialnya 😁 

Sunscreen is a Must!


Untuk kalian para pecinta makeup ataupun skincare, kalian pasti tau pentingnya sunscreen. Nah, kalau kulit kalian berjerawat, menurut aku sunscreen tetap perlu dipakai, karena sunscreen akan mencegah bekas jerawat menjadi "terbakar" dan berubah menjadi warna hitam. Jujur aja, dulu aku gak pernah pakai sunscreen 😢 Alhasil, bekas jerawat jadi kehitaman. Tapi sekarang, karena aku rajin pakai sunscreen, bekas jerawat aku cenderung kemerahan atau sedikit kecoklatan, tidak sampai menghitam.

Oh ya, kali ini aku pakai Petal Velvet Sunaway dari Althea (klik untuk beli!). Sunscreen ini mengandung SPF 50 dan PA++++, cukup banget buat keluar rumah. Finish nya semi-dewy menurutku, gak terlalu velvety. Jadi bisa sekalian buat base makeup biar keliatan glowing from within 😍


Althea Skin Relief to the Rescue !


Langkah selanjutnya adalah langkah terpenting agar jerawat kalian (terutama jerawat aktif) agar tidak semakin parah karena terkena makeup 😢 Kalian perlu memakai acne patch agar jerawat kalian "terlindungi", sebelum nantinya kalian timpa menggunakan makeup. Untuk makeup kali ini, aku pakai Althea Skin Relief Spot Film Gel (klik!) untuk mengcover jerawatku. Kalian bisa lihat di gambar di atas, jerawatku aku lapisi dengan produknya. Awalnya akan basah-basah gitu, tapi tenang aja, kurang dari semenit, spot gel ini akan mengering, kemudian bisa ditimpa makeup, deh!

Kenapa aku pakai produk ini? Berdasarkan pengalamanku, kalau pakai acne patch lain, itu agak tebal. Kalau pakai acne gel dari Althea ini, dia lebih seperti second skin dan tipis banget, jadi gak terlalu keliatan ketika ditimpa makeup. Selain itu, dia membantu meredakan kemerahan di jerawat aku. Super lovee! 


Conceal only the "bad" part of your face !


Jika kulit kalian mudah berjerawat sepertiku, kalian pasti punya bekas jerawat. Untuk mendapatkan simple makeup no makeup, menurutku paling mudah adalah dengan cara mengcover bekas jerawat kalian dengan concealer yang berwarna sama dengan kulit kalian. Untuk coverage nya, kalian bisa sesuaikan dengan kebutuhan kalian. Bekas jerawatku kecoklatan dan kemerahan, jadi concealer dengan medium coverage sudah cukup untuk menutupinya dan mendapatkan kesan my skin but better.

Di makeup kali ini, aku pakai Althea Flawless Creamy Concealer (klik untuk beli!). Coveragenya sangat cukup buatku, tidak sampai full coverage tapi sedikit lebih tinggi dari medium coverage. Ada 4 pilihan warna, dan warna yang 03 Honey sangat cocok di kulitku karena undertone nya kuning dan tidak terlalu terang, jadi cukup pakai produk ini di titik-titik bekas jerawatku, wajahku sudah terlihat flawless. Jadi, gak perlu pakai foundation lagi deh!

Oh ya,  kalian juga bisa menambahkan sedikit concealer dengan warna yang sedikit lebih terang di under eye kalian, jika kalian merasa perlu. Jika tidak, ya tidak usah gengs! 😂 Kalau kulit kalian berminyak, mungkin kalian bisa memakai powder. Tapi karena kulitku kering dan aku lebih suka makeup dewy, jadi biasanya aku tidak memakai powder ^^

Pensil alis habis tapi gak sempet beli?
Ini trick nya!


Oh no! Pensil alis habis dan 1 jam lagi harus berangkat? 😡😢 Jangan khawatir! Kalian hanya perlu mencari eyeshadow berwarna coklat (atau warna yang sesuai dengan alis kalian) yang finish nya matte, kuas alis (eyebrow brush / angled brush), kemudian spoolie brush. Kemudian, ambil sedikit eyeshadow menggunakan eyebrow brush, isi bagian alis kalian yang kosong, kemudian rapikan menggunakan spoolie brush. Tadaa! Alis kalian akan terlihat siap untuk berpergian 😍 Daripada alis gundul, hacks ini lumayan berguna kan? 😂 

Di makeup ini, aku menggunakan palette eyeshadow dari kolaborasi Althea dengan BCL / Bunga Citra Lestari. Siapa sih yang gak tau BCL? 😍 Oh ya, warna yang aku pakai untuk alis aku adalah warna coklat muda di palette nya. Awalnya aku pikir bakal terlalu muda di alis aku, tapi ternyata bisa loh gengs! Soo jangan khawatir untuk mencoba sesuatu yang baru, yaa!

A little nose contour won't hurt !


Apakah kalian geng peseque peseque club kayak aku? 😂 Kalau kontur terlalu tajam, bakal ketauan banget bohongnya, tapi kalau gak pakai kontur, keliatan banget pesek nya :( NAH SOLUSINYAAA pakai warna coklat yang cukup muda di bagian batang hidung, dan disini aku pakai warna yang sama dengan warna alis aku, yaitu eyeshadow dari Althea x BCL. Karena matte, jadi bisa dipakai buat kontur hidung juga. Hasilnya oke, kan? Biar agak mancung dikit gitu loh wkwkwk.. Oh ya, jangan lupa untuk diratakan (di blend) yaa, bisa menggunakan jari kok!

Blush On "demam" ala Korean Makeup


Gak punya blush on? Jangan khawatir! Kalian bisa pakai lip cream, lipstick, atau lip tint untuk menjadi pengganti blush on kalian. Yang penting, kalian mengetahui karakteristik produk yang kalian gunakan. Biasanya aku menggunakan produk yang tidak terlalu matte dan tidak cepat kering, agar bisa di blend dengan baik di pipi kita. 

Disini, aku menggunakan liptint yaitu Watercolor Cream Tint dari Althea (klik!). Produk ini cukup creamy dan tidak secair produk liptint pada umumnya. Pigmentasinya juga oke, finish nya semi-gloss dan tidak terlalu cepat mengering. Karakteristik produk seperti ini cocok banget buat dijadikan pengganti blush-on. Gampang di blend juga looh..

Ada 4 pilihan warna, nah yang aku pakai untuk jadi warna blush on ini adalah warna 02 Strawberry Cream . Mau aku bikin post tentang semua warnanya gak? Ehehe kalau mau komen yaahh..

Eyeshadow Shimmer untuk
Soft Glam Look


Selanjutnya, aku akan memakai sedikit eyeshadow dari palet Sunrise - Moonrise. Warna eyeshadow dari palette Althea x BCL (klik untuk beli) ini memang kebanyakan shimmery, jadi akhirnya aku memutuskan untuk memakai 2 warna, yaitu warna coklat shimmer dan warna gold shimmer. Untuk sebuah palet eyeshadow buatan Korea, palet ini bagus banget! Fall out nya sedang, tidak terlalu banyak tapi tidak sedikit juga sih.. Pigmentasi dan konsistensinya oke, dan lumayan long lasting. Di makeup ini, aku tidak memakai eyeshadow untuk di bawah mata, karena aku akan pakai eyeliner glitter 😁

Oh ya, untuk eyeshadow ini, aku buat review nya disini (klik!) jangan lupa di cek juga, yaa ^^

Add an Extra Glitter on Your Eyes!


Tahap terakhir untuk riasan mata, aku akan memakai eyeliner glitter. Jika kalian tidak mau terlihat terlalu blink-blink, kalian bisa pakai eyeliner hitam biasa. Namun, aku ingin sedikit berbeda hehe.. Eyeliner dari Althea ini cukup unik, namanya adalah Spotlight Eye Glitter (klik!). Ada 2 pilihan warna, yaitu gold dan pink. Eye glitter ini bisa dipakai sebagai eyeliner, bisa juga untuk eyeshadow shimmer dan dipakai sendirian. Untuk makeup ini, aku pakai yang warna 01 Gold Light , dan aku pakai sebagai eyeliner.

Liptint to Finish Your
Korean Makeup Look


Agar terlihat lebih cute ala-ala Korean Makeup Look, kalian bisa mengaplikasikan sedikit liptint di bagian dalam bibir, dan makeup kalian selesai deh! Disini, aku menggunakan Watercolor Cream Tint dari Althea (klik!). Warna yang aku pakai ini adalah 02 Strawberry Cream, senada dengan warna blush on nya. Warna ini cocok juga dipakai sehari-hari, karena warnanya pink-peach gitu. Oh ya, karena pigmentasinya cukup oke dan teksturnya pun cukup kental (creamy), liptint ini juga bisa dipakai full lips looh! Bahkan, produk ini juga cukup stain di bibir, jadi tidak akan 100% menghilang dari bibir. Oke banget kaan 😍



Nah, itu tadi full tutorial dan juga tips-trick dari aku, buat kalian yang pengen makeup an tapi lagi berjerawat. So far, produk-produk Althea di aku emang cocok dan gak bikin tambah berjerawat. Favorit aku tentunya skin relief spot film gel dan juga flawless creamy concealer. Oh ya, produknya Althea ini terjangkau banget looh! Langsung aja cek link yang udah aku share yaah.. Apalagi, ada free ongkos kirim ke seluruh Indonesia, cukup dengan belanja 299.999 ajaa! Buruan belanja yaahh..

Semoga tutorial ini berguna buat kalian yang masih struggle dengan jerawat dan bekasnya. Kalian juga bisa cek rekomendasi skincare dari aku untuk acne prone skin disini (klik!). Jangan lupa juga, setelah makeup an kalian harus bersihkan makeup yaa, bisa pakai produk ini (klik) biar bersih dalam sekejap 😂 See you on my next post, girls!


#AltheaMakeup #AltheaAngels #AltheaKorea

You May Also Like

18 komentar

  1. Kalo lagi jerawatan, memang lebih baik menghindari complexion dulu beb. Primer, foundation, concealer itu malah bisa memperparah jerawat itu sendiri. Tapi, tetep masih bisa pake makeup, masih bisa terlihat cantik. Tips-tips kamu berguna banget nih beb.
    :-)

    ReplyDelete
  2. aku suka banget smaa eyeshadownya BCL ini :) pigmentasi dna teksturnya juara menurutku

    ReplyDelete
  3. Belum pernah nyobain produk Althea , tapi jadi penasaran karena banyak yang review bagus nih

    ReplyDelete
  4. aku acne prone juga nih. yaaay tengkyuuu tutorialnyaa.. kayaknya mau coba althea skin relief spot film gel deh. soalnya beberapa spot acne gel susah dibuat cover jerawat trus ditimpa makeup. kayak ngelupas gtu makeupnya malah jadi berantakan.. kalo yg dari althea ini aman kan ditimpa makeup?

    ReplyDelete
  5. Waduuh racun Althea datang lagi nih
    Aku blm pernah coba produk Althea, jd cukup penasaran saking banyaknya org review bagus ttg Althea ini..

    ReplyDelete
  6. walopun g pake foundi tapi ttep cantik yah makeupnya, ak jg sering pake eyeshadow coklat buat bikin alis nih,

    ReplyDelete
  7. Jadi lebih fresh ya beb keliatannya! Simple tapi oke juga untuk dipakai Berpergian, Thank you infonya beb!

    ReplyDelete
  8. Blush on demam nya omg so cute and fresh, ku juga kadang ga pakai complexion makeup, langsung hajar aja sama alis, eyeliner, lipstick and i’m ready to go

    ReplyDelete
  9. Jadi rahasianya bikin makeup flawless buat kulit berjerawat itu pakai Althea Skin Relief toh.. Cakeepp beb

    ReplyDelete
  10. Kalau ada jerawat emang susah ya kalau lagi mau makeup, apalagi bekas bekas yang membandel, dan aku kadang suka lupa atau males pake sunscreen padahal penting banget

    ReplyDelete
  11. Aw ini semua menggunaka produk produk makeup dari Althea ya beb, cantik banget hasil makeupnya...

    ReplyDelete
  12. Mni emeushinnn pisan kamu hey... Produk2 althea emang da best deh bikin look unyu gini

    ReplyDelete
  13. Wah ternyata salah ya aku. Pas jerawatan malah ga pake sunscreen karena berminyak. Pantesan jerawatku jadi hitam. Makasih infonya ya.

    ReplyDelete
  14. Eyeshadow sama liptintnya tiada tara cakep bat!!!

    Btw, grgr aku baca postmu aju jd terinpirasi bhat makeup tut model bgini lagi. Udh lama ga bikin yg model gni hihi

    ReplyDelete
  15. Ku lagi jerawataaaan, tapi ga pd pisan ih kalo harus keluar rumah tNpa foundation dan concealer tu huhu

    ReplyDelete
  16. Suka deh sama hasil makeupnya, ga harus punya semua produk, tapi bisa disiasati. Bisa aja deh ka widya....aku mau pakai blush on ala ala Korea gitu tapi belum pede hehehe

    ReplyDelete
  17. Blushon-nya gemas, Kak. Aku jadi pengen ikutin step by stepnya :))) thanks for sharing

    ReplyDelete