[My Belly Says] Gastromaquia Jakarta, Cafe ala Madrid yang Romantis dan Cozy [Bahasa Indonesia]

Tempatnya cozy
cocok buat hangout bareng 
keluarga, teman, ataupun kekasih!

Heeyyoo guurrllss! Aku balik lagi dengan review restoran di series [My Belly Says] 😍 Kali ini aku mencoba cafe yang cukup unik yang berasal dari Madrid, namanya Gastromaquia ! Aku mencoba beberapa menu, dan diantaranya ada Christmas Set yang spesial dan cuma ada di bulan Desember looh! Penasaran? Yuk langsung aja baca review lengkapnya!



TEMPAT dan LOKASI

Cafe ini terletak di Jalan Ciniru I nomor 1, Jakarta Selatan. Dari luar, kita sudah bisa melihat eksterior dan juga desain ala Eropa yang cukup instagramable. Karena memasuki bulan Desember, ada hiasan khas natal baik di bagian luar maupun dalam cafe ini.


Gastromaquia sendiri letaknya bersebelahan bahkan menyatu dengan Oma's kitchen. Aku tidak tahu pasti apa perbedaannya, tapi yang jelas pintu masuknya berbeda, namun di bagian dalam, terdapat pintu akses yang saling menghubungkan keduanya. 



Cafe Gastromaquia memiliki 2 lantai. Di lantai pertama terdapat mini bar serta kasir dan beberapa set meja dan kursi. Terdapat pula hiasan pohon natal, dinding yang dihias dengan banyak cermin, serta kitchen. Berikut adalah sebagian foto pada lantai 1.



Sayangnya, ketika aku datang ke cafe ini, lantai 2 nya tidak dapat digunakan (mungkin karena tempatnya tidak terlalu ramai, jadi dimaksimalkan di lantai satu saja), tapi saya sempat mengambil beberapa foto. Terdapat toilet, beberapa set meja dan kursi, dan juga sebuah ruangan khusus yang sepertinya didesain sebagai ruang meeting atau ruang VIP agar lebih private. Terdapat pula area outdoor yang gak kalah instagramable. Sayangnya, sebelumnya memang hujan cukup deras sehingga outdoor nya basah. Jika tidak hujan, mungkin bisa duduk-duduk santai di outdoornya ini 😂


Bagi kalian yang muslim, mungkin bertanya-tanya, apakah di Gastromaquia terdapat mushala? Jawabannya adalah tidak ada, namun, jika kalian meminta pada staff disana, mereka akan menyiapkan ruang meeting / VIP tadi sebagai mushola dadakan. Terdapat pula sajadah dan mukena yang bisa dipinjam, sehingga menurutku ini sangat cukup daripada tidak ada sama sekali. Namun, tentunya akan lebih nyaman bila memang ada mushala khusus, ya 😁


MENU

Untuk menu makanan dan minumannya, sekilas aku melihat variasinya cukup banyak, namun memang lebih ke arah makanan Western (seperti steak) dan juga makanan Eropa (seperti pizza, spaghetti). Kami sempat mencoba Spaghetti Creamy Beef dan rasanya lumayan enak. Dibalut dengan saus yang creamy, topping keju parut dan smoked beef sliced, membuat suasana semakin terasa di daerah Eropa.

Spaghetti Creamy Beef (Rp. 75.000)


Nah, untuk bulan Desember ini, ada menu spesial yaitu Christmas Set Menu. Dengan harga Rp. 275.000,- per pax (belum termasuk Service dan PPN), kalian bisa menikmati 1 set makanan dan minuman sesuai pilihan kalian. Berikut adalah menunya.




Akhirnya, aku memutuskan untuk mencoba 1 set menu Christmas ini. Hati-hati bagi kalian yang Muslim, beberapa makanan disini mengandung babi (pork), jadi pastikan untuk bertanya sebelum memesan ya, gengs! Yang aku pesan juga non-pork nih, jadi bisa kalian jadikan referensi!



1. Appetizer : Spanish Cheese Platter

Bagi kalian pecinta keju, kalian pasti suka! Ada 3 jenis keju yang berasal dari Eropa, disajikan dengan irisan tipis, dan terdapat juga potongan buah apel, smoked beef sliced, dan garlic bread. Oh ya, untuk menu appetizernya ini ada 4 pilihan, namun yang tidak mengandung pork hanya 2.

2. Main Course : Grilled Tenderloin with Porcini Sause

Untuk main course nya, ada 2 menu yang non-pork, salah satunya adalah yang aku pesan ini. Daging sapi tanpa lemak disajikan dengan saus Porcini (saus creamy yang juga terdapat jamur), dan juga mashed potato yang rasanya sangat pas. Kebetulan aku pesan well-done steak, dan aku suka karena kematangannya pas sesuai ekspektasi. Porsinya juga cukup banyak (sepertinya sekitar 200gr), sangat worth it.

3. Dessert : Chocolate Mousse w/ Olive Oil and Seasalt

Untuk 2 pilihan menu dessert nya, tentu saja aku pilih coklat karena aku sangat suka coklat. Rasa chocolate mousse ini juga enak dan sangat pas, lembut dan lumer di lidah. Karena memakai olive oil dan seasalt, jadi ada sedikit rasa asin. Karena aku lebih suka rasa manis, menurutku akan lebih enak tanpa olive oil dan seasalt nya 😂

4. Drinks : Christmas Mocktail

Untuk menu minumannya, tidak disediakan pilihan. Rasanya pun seperti mocktail pada umumnya, dan sepertinya ini adalah strawberry mocktail. Terdapat pula potongan buah strawberry sebagai hiasannya.

PENGALAMAN PRIBADI


Selain datang bersama pacar, aku juga datang bersama teman-teman. Masing-masing dari kami membeli menu christmas set yang berbeda. Buat kalian yang penasaran sama pilihan menu lainnya, kalian bisa cek di blognya kak Anisa (klik!) dan juga blog kak Tasya (klik!)


Seperti yang aku bilang di awal, tempatnya instagramable banget, padahal tempatnya menurutku gak terlalu luas, tapi banyak spot foto lucu, diantaranya adalah di dekat tangga, terdapat christmas tree sehingga suasana natal semakin terasa. Bisa pula berfoto di tangga, atau di mini bar nya. 



Buat kalian yang ingin berfoto bersama tapi tidak bawa tripod, jangan khawatir! Semua staff di Gastromaquia sangat ramah dan menawarkan untuk membantu memfoto. Hasilnya juga kece loh, seperti foto di atas. Keren kan? Pokoknya, aku merasa puas datang ke cafe Gastromaquia ini.


Sekian curhatan aku, dan kesimpulan dari aku :

Food : 
Beverage : 
Dessert : 
Place : ☆ 
(super instagramable, sayangnya klo malem
lampunya remang di dalem restorannya)
Blogger friendly : ☆ 
(ada WiFi, tapi gak setiap meja ada charger)
Overall Price (worth or not) : ☆ 

Gimana, kalian mau ajak siapa nih ke cafe ini? Oh ya jangan lupa juga follow Instagram Gastromaquia (klik!). By the way, ada rekomendasi cafe Bandung, atau Jakarta, atau kota apa aja yang wajib buat dikunjungi? Biar nanti kalau aku kesana, bisa langsung caw! Hihi.. Thankyou for read my blog, and see you on my next post!


-The review is a collaboration with Clozette Indonesia. However, this post is 100% honest review, based on my own experience-

1 komentar

My Instagram @widyalimitedcom